Rasanya, jika ada negara yang patut dinobatkan sebagai pusat jajanan terbaik, maka Taiwan pasti berada di urutan pertama. Yap, di Taipei, ibukota Taiwan, ada sekitar 20 jalan yang secara khusus menjual beraneka macam camilan. Pastinya, berkunjung ke negara ini akan membuat Anda menganut filosofi ‘eat well and eat often’. Tidak hanya menikmati lansekap kotanya yang menawan, tetapi kulinernya juga membuat lidah Anda bergoyang. Duh, jadi nggak sabar ingin pergi ke Taiwan! Yuk, segera cari tiket penerbangan dan beli asuransi travel online sebagai jaminan proteksi. Ini dia daftar jajanan yang wajib dicoba:

Gua Bao

Gua Bao

Bite-sized Chicken

Bicara tentang Taiwan pastinya tidak akan lepas dengan bite sized chicken-nya yang terkenal di seluruh dunia. Ya, Taiwan memang sangat ahli dalam meracik camilan yang terbuat dari ayam hingga membuatnya siap makan dalam satu gigitan saja (popcorn chicken) tanpa tulang. Anda bisa menemukan berbagai jenis bite sized chicken di sepanjang jalan Taiwan, mulai dari yang ditaburi dengan bumbu rumput laut, dengan pepper, disiram saus, atau yang dicelup ke dalam keju cair dan maizena. Semuanya sama-sama nikmat dan cocok dijadikan camilan.

Three-cup Chicken

Ini dia streetfood paling enak di Taiwan. Namanya adalah Three-cup Chicken, yang dimasak dengan segelas rice wine, minyak, dan juga kecap. Ayam akan dimasak sampai campuran bumbunya meresap dan membuat kulit ayam berwarna kecokelatan. Nantinya, Three-cup Chicken ini akan disajikan dengan tambahan fresh basil, cabai, dan juga bawang. Anda bisa mengonsumsinya sebagai camilan atau dijadikan sebagai lauk bersama nasi hangat.

Tian bu la

Cobain makanan berbahan dasar ikan yang dibuat dengan beraneka jenis bentuk dan juga ukuran lalu digoreng hingga kering. Tidak hanya digoreng saja, tian bu la ini disajikan pula dalam bentuk kukus. Nantinya, tian bu la akan diletakkan dalam mangkuk kertas lalu disiram dengan kuah cokelat yang kaya rasa. Yeay, tian bu la siap dinikmati sambil berjalan-jalan dan menikmati pemandangan Kota Taiwan! Selesai makan ini, tutup aktivitas makan Anda dengan semangkuk sup untuk cita rasa yang sangat mempesona.

Gua Bao

Panggilan untuk Anda yang suka makan burger. Di Taiwan, ada juga lho burger layaknya Big Mac yang akan memuaskan perut siapa pun yang menyantapnya. Gua Bao adalah burger dengan Taiwan-style. Alih-alih menggunakan roti burger, Gua Bao ini menggunakan steam bun yang lembut dan pastinya sedikit manis. Bagian tengahnya diisi dengan pork belly, kubis, dan juga biji-bijian. Silakan coba sensasi ledakan rasa yang kaya begitu Anda menggigit Gua Bao ini.

Gimana, udah siap pergi ke Taiwan dan mencicipi street food-nya? Yuk!