Untuk Anda yang baru pertama kali memiliki motor atau membeli motor baru, pasti segala sesuatunya akan terlihat sangat menarik, bahkan saat Anda melakukan servis pertama untuk motor tersebut. Servis motor pertama merupakan hal yang wajib dilakukan, meskipun saat itu motor dalam keadaan baik-baik saja. Servis ini tidak hanya sekedar mengganti oli menggunakan oli terbaik untuk motor, namun juga pengecekan terhadap komponen-komponen lain yang penting.  Ya memang mengganti oli mesin itu penting, melihat manfaat oli mesin untuk motor yang sangat banyak namun tidak berarti komponen lain dilupakan.

Nah, buat Anda yang masih sangat buta dengan dunia servis motor, berikut ini beberapa hal terkait servis motor pertama yang perlu diketahui.

Servis motor pertama kali

Wajib dilakukan

Mungkin Anda berpikir, kalau sepeda motor masih bagus, kenapa pula harus melakukan servis? Memang sih biasanya jarak tempuh untuk servis pertama tidak terlalu jauh yakni sekitar 500 km atau sekitar 1 bulan penggunaan. Ini dilakukan untuk memastikan performa mesin motor baru tersebut.

Waktu servis

Untuk servis pertama kali biasanya dilakukan ketika motor telah menempuh jarak 500 km atau digunakan setelah satu bulan. Jadi bila motor telah meraih salah satu indikator tersebut maka wajib untuk segera dilakukan servis pertama. Pastikan untuk tidak melewati waktu yang telah ditetapkan tersebut, karena Anda bisa saja dikenai biaya atau bahkan kehilangan garansi.

Gratis

Anda tidak perlu khawatir akan mengeluarkan uang lebih untuk melakukan servis ini, karena servis pertama tidak dipungut biaya alias gratis. Jadi, kenapa tidak dimanfaatkan saja, kan? Selain servis pertama, biasanya dealer resmi juga memberikan voucher gratis untuk servis sebanyak 4 kali dan ganti oli sebanyak satu kali.

Lakukan di bengkel resmi

Servis pertama pada sepeda motor wajib dilakukan di bengkel resmi merk motor Anda. Ini agar Anda bisa memanfaatkan voucher gratis yang diberikan oleh dealer. Selain itu, bila ada kerusakan pun motor Anda masih dijamin dengan garansi dari bengkel dan dealer.

Komponen yang dicek

Biasanya pada servis pertama ini yang dicek di antaranya adalah sistem rem, mur baut, bantalan kepala kemudi, jarang renggang klep, hingga penggantian oli mesin.

Itu tadi beberapa hal seputar servis pertama pada sepeda motor yang mungkin Anda belum tahu. Semoga membantu. (raw)