Internet kini tidak hanya menjadi sumber hiburan namun juga berperan penting dalam segala aspek kehidupan. Apalagi, banyak hal menyenangkan bisa dilalukan di internet. Karena itulah, keberadaan jaringan internet yang cepat pun sangat dicari oleh masyarakat, apalagi bila dibarengi dengan harga yang murah. Beberapa provider pun banyak yang menawarkan paket internet cepat dan murah yang diharapkan dapat menarik minat para pengguna internet di Indonesia. Paket yang ditawarkan provider ini pun bermacam-macam dan meskipun sama-sama murah namun memiliki perbedaan pada penggunaannya. Sehingga, kita sebagai pengguna pun harus teliti saat memilih paket internet yang tepat untuk kebutuhan kita.

Biasanya, paket yang ditawarkan oleh provider internet terdiri atas tiga jenis, yakni paket interet berbasis kuota, unlimited, dan unlimited FUP (Fair Usage Policy). Apa sih bedanya?

Pilih paket internet tepat

Pilih paket internet tepat

Paket Internet Berbasis Kuota

Pada paket satu ini, koneksi internet yang diberikan oleh provider kepada penggunanya dibatasi, misalnya saja 250 MB untuk seminggu atau 4 GB untuk sebulan. Meskipun kecepatan paket ini biasanya lebih tinggi dibandingkan paket lainnya, namun bila kuota internet yang diberikan sudah habis terpakai di tengah masa paket, maka praktis pengguna sudah tidak bisa lagi mengakses internet dengan paket tersebut. Maka pilihannya adalah kita harus membeli paket internet lagi atau mengakses internet dengan menggunakan tarif flat yang harganya lumayan mahal. Paket ini cocok untuk mereka yang memerlukan akses internet dengan kecepatan tinggi dan tidak masalah bila harus mengeluarkan uang dalam jumlah besar.

Paket Internet Berbasis Unlimited

Beda dengan paket kuota yang penggunaannya dibatasi, paket unlimited, sesuai namanya, memungkinkan kita untuk dapat mengakses internet sesuka hati selama masa berlaku paket. Kekurangan dari paket ini biasanya terletak pada kecepatannya. Ya, meski kita bisa mengakses internet sesuka hati, namun kita harus bersabar karena kecepatan paket ini biasanya sangat lambat.

Paket Internet Berbasis Unlimited FUP

Apa sih bedanya paket unlimited biasanya dengan unlimited FUP (Fair Usage Policy)? Kecepatnya yang lebih tinggi serta batasan penggunaan. Ya, meskipun namanya unlimited, namun paket FUP memiliki “batasan” dalam penggunaannya. Batasan ini bukan pada koneksi internet namun pada kecepatannya. Misalnya saja kita menggunakan paket unlimited FUP 2GB, maka saat penggunaan internet sudah melebihi batas 2GB tadi, kita masih tetap bisa menggunakan internet namun dengan kecepatannya yang telah dikurangi, sehingga menjadi lebih lambat.

Jadi, paket internet mana yang paling menguntungkan dan tepat untukmu? (Raw)