Gitar merupakan alat musik dengan tingkat popularitas tertinggi mengalahkan banyak alat musik lainnya, hal ini telah membuat gitar menjadi salah satu alat musik yang paling banyak memiliki jenis, variasi, dan bentuk. Posisi jenis gitar terpopuler masih dipegang oleh gitar elektrik, namun yang berada di posisi kedua adalah Gitar Akustik yang kepopulerannya juga sangatlah tinggi.

Gitar akustik memiliki suara khas yang cocok untuk beberapa genre musik dimana gitar elektrik tak mampu mengisi suara. Gitar jenis ini juga tidak membutuhkan perangkat lain seperti speaker untuk dapat dimainkan, dan gitar ini masih merupakan pilihan pertama banyak pemula untuk belajar bermain gitar. Namun, sama dengan gitar elektrik, gitar akustik juga memiliki banyak variasi bentuk dan jenis, sehingga bingung memilih gitar akustik yang tepat sangatlah wajar. Perhatikan hal-hal berikut sebagai pedoman sebelum memilih gitar akustik.Pilih Gitar Akustik Terbaik

  • Ketahui kemampuan Anda.

Jika Anda masih baru belajar, ambillah gitar yang sesuai dengan budget Anda, tidak perlu mengambil gitar yang berharga tinggi. Namun jika Anda sudah ahli bermain gitar dan tengah mencari gitar baru, berikut hal-hal yang harus Anda perhatikan

  1. Jenis musik yang Anda mainkan.
  2. Apakah Anda akan sering bermain di pentas musik? Pertimbangkan gitar akustik elektrik untuk hal ini.
  3. Ketahuilah perbedaan tiap-tiap tonewood.
  4. Ketahui juga brand-brand produsen gitar, dan ketahui kualitas suara masing-masing brand.
  5. Perhatikan ukuran badan. Beberapa jenis gitar akustik memiliki ukuran yang berbeda. Pilihlah yang sesuai dengan ukuran tubuh Anda, jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil.
  • Pilih senar yang sesuai dengan selera.

Terdapat 2 jenis senar gitar akustik yang tersedia, String, dan Nylon. Keduanya memiliki feel yang berbeda serta suara yang berbeda. 2 senar ini membutuhkan gitar khusus, dan tidak dapat ditukar, contohnya senar string tidak dapat dipasang ke gitar untuk senar nylon dan sebaliknya.

Suara yang dihasilkan memiliki ciri khas masing-masing. Nylon memiliki suara yang lebih halus serta mellow, sementara string memiliki suara yang lebih tinggi dan jelas. Nylon biasanya digunakan untuk lagu klasik ataupun flamenco, sementara string lebih lazim digunakan untuk lagu rock, country, hingga pop. (RR)