Apa yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata Kazakhstan? Sebagian dari Anda mungkin tidak tahu banyak hal tentang negara ini. Padahal, nama Kazakhstan akhir-akhir ini melejit karena kekayaan minyaknya, lho. Bahkan, ibukota negara Kazakhstan, yakni Astana, kini mulai diwarnai dengan bangunan-bangunan mewah nan unik. Hmmm, tidak jauh berbeda dengan pertumbuhan bangunan properti Indonesia, ya? Yap, di kota ini, seluruh gedungnya sangat bergaya futuristik dan juga didesain secara khusus. Tidak heran jika Astana akan menjadi tuan rumah World Expo 2017 karena inovasi hijaunya. Yuk, kunjungi beberapa gedung ikonik dari kota ini! Simak liputannya dalam artikel berikut ini.

Astana Kazakhstan

Astana Kazakhstan

The Palace of Peace and Reconciliation

Tidak hanya Paris dan Mesir saja yang memiliki bangunan ikonik berbentuk piramida, Astana juga lho. Yap, gedung berbentuk piramida ini dihiasi dengan kaca-kaca kristal yang menampilkan kesan modern namun juga tradisional. Dibangun pada tahun 2006, bangunan ini merupakan hasil karya arsitek ternama yakni Robert Foster.

Bayterek Tower

Bangunan yang sering menjadi incaran para turis ini merupakan sebuah monumen observasi yang berdiri tidak jauh dari pusat kota. Bayterek atau dibaca Бәйтерек dalam bahasa Khazakstan memiliki arti “tall poplar” atau pohon yang tinggi. Hal ini menggambarkan tinggi bangunan ini yang mencapai angka 100 meter.

Kazakhstan Central Concert Hall

Bangunan yang didesain oleh seorang arsitek Italia yakni Manfreddi Nicoletti ini dibangun sejak tahun 2004 dan dibuka untuk publik pada tahun 2009. Bangunannya berbentuk melingkar dan berlapis yang mencerminkan seni musik plus material art yang sangat futuristik.

Presidential Palace

Dari semua bangunan di atas, mungkin bangunan inilah yang menarik perhatian. Pasalnya, tempat yang menjadi istana presiden Astana ini didominasi dengan warna putih dan dibangun dengan gaya Italia. Terbuat dari beton yang membuatnya sangat kokoh dan dihiasi dengan keramik, istana ini memiliki lantai di bawah tanah juga, lho!

Bagaimana, tertarik untuk berkunjung ke Astana?  (TR)