Menikah di usia muda memang memberikan banyak keuntungan buat Kamu seperti terhindar dari perzinahan, meringankan beban orangtua, dan lain sebagainya. Akan tetapi apakah kamu sudah mempersiapkan budget yang lebih untuk pernikahanmu nanti? Jika kamu belum memiliki rumah dan memutuskan menyewa satu kamar di luxury residence Mega Kuningan, apakah kamu sudah memiliki uang yang cukup untuk membayarnya tiap bulan? Dan apakah orangtuamu sudah merestui hubunganmu dengan pasanganmu? Hhmm, apabila kamu menjawab semua pertanyaan itu, bisa-bisa rencanamu menikah muda akan mundur. Hehehe

Nah, Jika kamu berniat menikah di usia muda, maka beberapa hal di bawah ini harus kamu pertimbangkan terlebih dahulu:

pasangan-menikah-muda

Menemukan pasangan yang serius

Sebelum menikah di usia muda, sebaiknya kamu harus mempertimbangkan terlebih dahulu apakah pasanganmu sudah serius, dewasa dan bisa berkomitmen denganmu. Kamu tidak maukan nantinya jika pasanganmu ternyata tidak serius denganmu. Bisa-bisa baru menikah pasanganmu meninggalkanmu tanpa sebab yang jelas.

Kemapaman finansial

Dengan berbekal finansial yang cukup dan sudah mapan, maka pertanyaan seperti “Mau dikasih makan apa keluargamu nanti? Mau Tinggal dimana kamu setelah menikah? Dan uang dari mana untuk membiayai keluargamu?” bukan lagi masalah. Orangtuamu juga tidak akan khawatir lagi untuk merestuimu. Dan jika kamu menikah di usia muda apabila kamu sudah mapan, istrimu nantinya juga tidak perlu lagi bekerja hanya untuk menambah penghasilan keluargamu. So, mapan dulu yaa baru menikah! Hehe

Terbuka sebelum menikah

Sebelum kamu menikah, ajaklah calon pasanganmu untuk terbuka dari segala hal, baik kesukaan atau hal yang tidak disukai.  Tentang pengalaman dan hubungan dengan orang lain sebelum kalian saling kenal. Komunikasikan secara detail jangan ada satu hal pun yang tertinggal meskipun itu kebiasaan buruk. Ini adalah satu trik agar tidak menjadi permasalahan nantinya.

Kematangan mental

Ketika kamu memutuskan menikah di usia muda dengan pasanganmu, maka kematangan mental sangat diperlukan. Kenapa? Ya, apabila kamu masih bersifat kekanak-kanakan dan tidak dewasa sedikit pun, jangan harap kamu mampu membina hubungan baik dengan istri, suami ataupun anakmu. Kamu hanya akan membebani keluargamu kelak.

Tanggung jawab

Tanyakan pada diri, apakah kamu sudah siap menghabiskan masa mudamu dengan membayar semua tagihan, mempersiapkan semua keperluan yang dibutuhkan keluarga. Jika jawaban kamu tidak siap, maka menikah hanya akan menjadi menjadi beban buat kamu dikemudian hari. Dan alangkah baiknya kamu undur saja menikah di usia mudanya.

So, sudah siapkah kamu menikah di usia muda? –Sh–