Siapa sih yang mau sakit. Biarpun dikasih uang hingga puluhan juta juga, pasti kita akan lebih memilih sehat. Akan tetapi, tidak bisa dihindari bahwa semua orang pasti pernah sakit. Dari sakit yang ringan, hingga sakit yang cukup parah sampai membutuhkan biaya sangat tinggi. Hal ini lah yang menyebabkan asuransi online untuk kesehatan semakin banyak diminati oleh masyarakat. Yah, setidaknya dengan bantuan asuransi ini maka biaya berobat saat sakit akan terasa sedikit lebih ringan.Perhatikan ini saat Memilih Produk Asuransi Kesehatan

Namun, dengan banyaknya peminat semakin banyak pula perusahaan asuransi yang beredar. Artinya, kita yang harus lebih cermat dalam menentukan perusahaan asuransi yang pas untuk kita. Salah-salah, bukannya membantu kita meringankan biaya pengobatan justru malah bisa membuat kita emosi karena mereka tidak mau membantu dengan berbagai alasan. Nah, supaya hal ini tidak terjadi, perhatikan beberapa hal ini saat memilih asuransi kesehatan yah:

  • Sistem pembayaran

Ada 2 sistem pembayaran yang banyak digunakan, yaitu cashless dan reimbursment. Banyak pengguna asuransi yang lebih memilih asuransi dengan sistem pembayaran cashless, karena tidak perlu mengeluarkan biaya apapun saat harus menjalani pengobatan. Cukup dengan membawa kartu asuransi, dan menunjukkannya pada pihak rumah sakit. Sementara, untuk sistem reimbursement kita harus membawa sebuah formulir yang nantinya diisi pihak dokter. Selain itu, kita juga harus membayar terlebih dahulu dan setelah itu baru mengajukan penggantian pada pihak asuransi.

  • Aturan perhitungan

Untuk aturan perhitungan ini sangatlah beragam. Ada perusahaan asuransi yang hanya meng-cover biaya rawat inap saja, tetapi ada juga asuransi kesehatan untuk rawat inap dan rawat jalan. Selain itu, ada yang akan terasa lebih menguntungkan untuk pengobatan rawat jalan, namun ada juga yang lebih menguntungkan untuk pengobatan rawat inap. Selain itu, jumlah premi yang dibayarkan juga mempengaruhi nilai perhitungannya. Untuk itu, perhatikan baik-baik aturan perhitungannya dan carilah yang tidak akan memberi kerugian pada kita.

  • Syarat dan ketentuan lainnya

Perhatikan berbagai syarat dan ketentuan lainnya. Misalnya, bagaimana aturan melakukan klaim asuransi, apa saja yang membuat polis asuransi dianggap batal, hal apa saja yang bisa menyebabkan klaim asuransi di tolak, dan berbagai aturan lainnya. Hal ini sangat penting, karena beberapa aturan yang dibuat oleh perusahaan asuransi terkadang lebih menguntungkan perusahaan dan dapat merugikan konsumen.

Semoga, dengan memperhatikan ketigal hal tersebut dapat memberikan perlindungan maksimal kepada kita sebagai peserta asuransi kesehatan. (Vita)