Hair Extension adalah hal yang umum dan sering digunakan oleh perempuan yang ingin memiliki rambut panjang dalam waktu singkat. Namun untuk menggunakan hair extension mereka harus rela disalon selama berjam-jam karena proses pemasangan yang cukup rumit. Namun sekarang, mulai banyak perempuan yanghair extension dan hair clip mulai memilih hair clip di bandingkan dengan hair extension karena proses pemasangannya yang mudah dan lebih praktis. Untuk dapat lebih memahami apa itu hair extension dan hair clip, berikut ini adalah pengertian serta perbedaan antara keduanya:

  • Hair extension
  1. Yaitu suatu metode untuk mendapatkan rambut panjang dengan memasukkan rambut buatan atau rambut alami dengan menggunakan lem khusus.
  2. Hair extension dengan rambut buatan harganya lebih murah, namun tidak dapat sefleksibel rambut asli (tidak dapat di curly, catok atau diwarnai).
  3. Hair extension dengan menggunakan rambut asli (dikumpulkan dari rambut orang lain dan sudah melalui berbagai proses) lebih fleksibel di bentuk seperti rambut alami namun harga yang di tawarkan lebih mahal.
  4. Ada dua teknik yang digunakan untuk memasang rambut ini, yaitu menggunakan lem dan ring.
  5. Untuk pemasangan dengan lem proses kerjanya yaitu mencairkan lem terlebih dahulu menggunakan catok baru digunakan untuk menempelkan rambut dengan jarak 1-2 cm dari kulit kepala. Di bagian sambungan rabut diputar untuk merekatkan rambut asli dengan extensions.
  6. Untuk pemasangan dengan ring, rambut asli di masukkan kedalam ring dan kemudian ring dipipihkan untuk menyatukan rambut asli dengan rambut extensions.
  7. Ada beberapa efek negatif dari pemasangan hair extension yang salah, karena itu pastikan salon sudah professional dalam pemasangannya.
  • Hair Clip
  1. Yaitu cara instan untuk memanjangkan rambut dengan menggunakan rambut yang dijahit melebar serta terdapat clip disetiap pangkal rambutnya.
  2. Clip yang di gunakan dalam metode ini yaitu clip rambut yang harus di tekan untuk membuka dan menutupnya, lebih mudah digunakan dibandingkan hair extensions karena dapat dipasang dan dilepas sendiri, tidak harus ke salon.
  3. Ada 3 jenis rambut yang di gunakan untuk hair clip, yaitu rambut sintetis, semi human dan human.
  4. Rambut sintetis menggunakan bahan sintetis sebagai bahan dasarnya, sama seperti yang sering digunakan untuk wig, hair extensions dan rambut boneka, rambut ini tidak bisa di catok atau diwarnai, hanya bisa di cuci saja.
  5. Rambut semi human menggunakan bahan dasar fiber, memiliki kualitas lebih baik dan bisa dicatok dengan suhu tertentu.

Rambut human menggunakan bahan dasar rambut asli manusia, memiliki kualitas paling baik dan kuat. (Vie)