Banyak yang bilang, kalau ingin memiliki kulit wajah yang sehat dan menarik, harus menggunakan produk perawatan kulit wajah terbaik, dan lengkap. Misalnya saja, menggunakan facial wash, facial scrub, facial mask, dan berbagai produk lainnya. Nah, bagi kamu yang baru saja akan memulai proses perawatan kulit wajah, pasti setuju akan kebingungan ketika harus membeli dan menggunakan berbagai produk tersebut?

Apalagi, jika melihat dari namanya, produk ini seharusnya tidaklah berbeda jauh fungsinya. Perbedaan Facial Wash, Facial Scrub dan Facial Mask

Eits, jangan salah. Meskipun memiliki nama yang mirip, tapi ketiga produk ini berbeda loh. Dan sebenarnya, ketiga produk ini dibutuhkan oleh wajah kita.

Sebenarnya apa saja sih perbedaannya ?

  • Facial Wash

Facial wash ini berfungsi untuk membersihkan kotoran yang menempel pada kulit wajah. Karena menghasilkan foam yang lembut ketika digunakan, facial wash ini sering disebut sebagai facial foam. Biasanya, setiap brand menyediakan beberapa varian yang bisa dipilih, sesuai dengan kulit wajah penggunanya. Namun yang umum yaitu facial wash untuk kulit kering dan kulit berminyak. Facial wash ini, sering digunakan pada pagi hari ketika bangun tidur (sebelum beraktivitas), dan pada saat mandi di sore atau malam hari sebelum tidur (setelah beraktivitas).

  • Facial Scrub

Beberapa jenis facial scrub bisa dikatakan juga sebagai facial wash, karena berfungsi untuk membersihkan wajah dan menghasilkan foam saat digunakan. Lalu apa bedanya dengan facial wash yang telah kita bahas di atas? Perbedaannya yaitu, komposisi atau kandungan di dalamnya. Sesuai namanya, facial scrub mengandung butiran scrub yang berfungsi untuk mengangkat sel kulit mati pada kulit wajah. Karena itulah, membersihkan wajah dengan facial scrub ini akan membuat wajah terasa lebih lembut daripada menggunakan facial wash biasa tanpa scrub. Hanya saja, ada baiknya produk ini tidak digunakan setiap hari, karena menggunakan facial scub terlalu sering berdampak buruk bagi kulit.

  • Facial Mask

Kalau produk yang satu ini, tidak berfungsi membersihkan kulit, tetapi justru memberikan nutrisi yang dibutuhkan oleh kulit. Ada banyak varian facial mask yang bisa dipilih, tergantung pada kebutuhan nutrisi kulit wajah kamu, dan juga jenis kulit wajahmu. Facial mask ini biasanya digunakan setelah menggunakan facial scrub. (Vita)