Memasuki musim hujan seperti sekarang, tentunya perawatan mobil pun harus dilakukan dengan lebih ekstra. Terlebih jika mobil digunakan setiap hari untuk moda transportasi. Meskipun sudah menggunakan asuransi kendaraan bermotor, tentunya kita sebagai pengguna pun harus lebih berhati-hati dalam merawat kendaraan. Tidak hanya agar kendaraan menjadi lebih awet, tetapi juga agar lebih aman ketika dikendarai.

Perawatan mobil di musim hujan

Perawatan mobil di musim hujan

Lantas, bagaimana sih cara merawat mobil ketika musim hujan tiba? Nah, coba cara berikut ini ya:

  1. Langsung lap mobil setelah kehujanan. Seringkali, setelah menerjang hujan di perjalanan, kita sering mendiamkan mobil agar kering dengan sendirinya. Padahal hal ini sebetulnya salah, lho. Sebab hal ini jika terus dibiarkan bisa merusak bodi mobil. Ingatlah bahwa air hujan mengandung garam yang bisa merusak permukaan mobil ketika didiamkan terlalu lama dan menimbulkan baret. Jika mobil sudah berbaret tentu akan merusak penampilan bodi mobil tersebut. Meskipun Anda bisa mengatasi baret dengan berbagai cara, namun biaya yang dibutuhkan tidak sedikit. Sayang, kan? Dan jangan lupa untuk langsung membersihkan permukaannya dengan cara lap bodi mobil dengan spons dan lap kering yang cepat menyerap air. Jika sudah boleh gunakan sabun untuk membersihkannya agar tidak tersisa lagi air hujan. Intinya, selalu keringkan mobil setiap kali terkena air hujan ya.
  2. Cek komponen mesin mobil. Selain mengelap bagian luar mobil, jangan lupa pula untuk mengecek bagian dalamnya. Sebab bisa saja air hujan merembes ke dalam komponen dan merusak mesin mobil. Untuk itu, setelah mengeringkan bagian luarnya, cek bagian dalamnya dan lihat apakah air telah mengenai komponen mobil. Jangan sampai air sudah merusak komponen dan menyebabkan mobil mogok ketika dikendarai.
  3. Manfaatkan silicon spray. Bagian karet dan kaca yang ada di mobil lebih mudah rusak ketika musim hujan tiba. Pasalnya, bagian ini terus menerus terkena panas, lalu terkena hujan, lalu kering hingga terpapar matahari lagi. Akibatnya, bagian karet jadi cepat rusak dan tidak berfungsi lagi. Nah, untuk mengatasinya, kita bisa menyemprotkan silicon spray pada bagian kaca dan karet. Spray ini bisa membuat karet menjadi lebih awet dan juga lebih lentur.

Tiga cara di atas memang terkesan sederhana, namun jika dilakukan akan membawa dampak yang cukup signifikan untuk mobil kita. Silakan diterapkan agar mobil bisa lebih terawat meski saat musim hujan, ya!