Pekerjaan konstruksi merupakan pekerjaan dengan resiko yang tinggi. Bagaimana tidak, pekerjaan konstruksi ini biasanya melibatkan banyak alat berat serta material-material bangunan seperti batu batako atau tiang-tiang besi yang bisa berbahaya bila menimpa pekerja. Karena itulah untuk menghindari berbagai resiko kecelakaan kerja yang bisa terjadi, para pekerja konstruksi ini pun diwajibkan untuk menggunakan peralatan keselamatan. Tidak hanya para pekerja saja, siapa saja yang memasuki wilayah konstruksi pun wajib untuk menggunakan peralatan

Peralatan keselamatan kerja

Peralatan keselamatan kerja

keselamatan itu.

Beberapa alat keselamatan yang wajib untuk digunakan tersebut misalnya saja:

Pakaian kerja

Medan yang  berat di area konstruksi tentunya membuat pakaian yang digunakan oleh para pekerja pun berbeda dengan pekerja di kantoran. Pakaian yang digunakan ini merupakan pakaian yang dirancang khusus sesuai dengan medan dan pekerjaan, misalnya saja untuk medan dengan radiasi panas yang tinggi, pakaian akan terbuat dari bahan yang dapat merefleksikan panas atau bila medan yang melibatkan cairan dan bahan-bahan kimiawi maka bahan pakaian akan terbuar dari plastik atau karet.

Sepatu

Sepatu atau safety boot yang digunakan pada lingkungan konstruksi ini ada dua yakni sepatu boot karet dan sepatu boot dengan bahan tebal. Sepatu boot karet biasa digunakan pada medan yang berlumpur atau becek, sepatu ini juga biasanya dilengkapi dengan metal untuk melindungi kaki dari material tajam dan berat  atau cairan kimia. Sementara sepatu boot dengan bahan tebal atau safety shoes bentuknya seperti sepatu boot biasa hanya saja terbuat dari bahan kulit tebal dan dilengkapi dengan sol yang tebal dan bergerigi.

Safety Helmet

Pelindung kepala tentunya menjadi peralatan terpenting yang wajib ada di wilayah konstruksi. Helm ini berguna untuk melindungi kepala bekerja dari material bangunan yang jatuh dari atas. Helm yang digunakan ini pun haruslah helm yang berstandar SNI atau standar internasional lainnya.

Sarung tangan

Sarung tangan digunakan untuk melindungi tangan dari lecet atau terluka pada pekerjaan-pekerjaaan seperti pengelasan atau membawa benda-benda tajam dan kasar. Bahan yang digunakan untuk sarung tangan ini pun beragam sesuai dengan pekerjaan yang dilakukan misalnya saja sarung tangan dari bahan kulit untuk pengelasana atau pemindahan pipa besi dan sarung tangan karet untuk pekerjaan yang berhubungan dengan kelistrikan.

Pelindung Telinga

Mesin-mesin atau alat berat yang ada di lingkungan konstruksi biasanya akan mengeluarkan suara bising saat dioperasikan. Terpaparnya telinga pada suara bising dalam waktu yang lama tentunya bisa menyebabkan kerusakan, untuk itulah digunakan pelindung telinga yang bisa berupa ear plug atau ear muff untuk melindunginya.

Masker

Masker digunakan untuk melindungi saluran pernapasan dari debu dan serta material lainnya yang berbahaya di wilayah konstruksi. (raw)