Memiliki wajah yang cantik dan bersih adalah keinginan setiap wanita. Bahkan, banyak wanita yang rela menghabiskan uang dalam jumlah besar untuk membeli pembersih wajah terbaik, ataupun menghabiskan waktu sehari penuh untuk melakukan perawatan di salon. Tentunya, semua hal ini dilakukan demi mendapatkan hasil yang diinginkan.

Sayangnya, tidak semua berhasil mendapatkan hasil yang terbaik. Beberapa orang justru malah mengalami masalah setelah melakukan perawatan. Lalu, apakah itu artinya produk tersebut jelek? Belum tentu loh, karena banyak juga yang menggunakan produk tersebut namun baik-baik saja. Berikut ini, adalah beberapa hal yang menyebab wajah bermasalah dan kulit iritasi saat proses perawatan, diantaranya:

Masalah kulit wajah saat perawatan

Masalah kulit wajah saat perawatan

Bahan Kimia yang Terkandung

Sebagian besar bahan yang digunakan adalah bahan yang mengandung zat kimia. Meskipun sudah membaca komposisinya sekalipun, kita sebagai orang yang awam terhadap istilah zat kimia tidak terlalu paham. Karena ketidaktahuan kita inilah, terkadang kita tidak menyadari bahwa ada kandungan dalam produk perawatan yang tidak cocok pada kulit kita. Kita hanya mengetahuinya ketika sudah ada dampak langsung yang terasa pada kulit wajah, bisa berupa kulit wajah yang terasa panas, tidak nyaman, hingga mengalami iritasi.

Salah Penggunaan

Siapa diantara kalian yang membaca cara penggunaan produk perawatan wajah secara detail sebelum menggunakannya? Hmm… mungkin tidak banyak yang melakukan itu. Padahal, penggunaan yang salah dapat menyebabkan iritasi loh. Jika kamu merasa bahwa informasi yang diberikan pada kemasan terlalu umum dan kurang informatif, cobalah untuk mencari informasi lain melalui internet. Sebab, ada banyak sekali brand produk perawatan kulit wajah yang hanya memberi informasi secara general mengenai cara penggunaannya.

Beda Varian Beda Kandungan

Ingatlah bahwa meskipun memiliki brand yang sama, namun kandungan dan fungsi setiap produk itu berbeda. Terkadang satu brand bisa mengeluarkan lebih dari 3 varian yang dapat dipilih sesuai dengan jenis kulit wajah. Namun, ketika ternyata varian yang dibutuhkan kulit wajah memiliki aroma yang tidak disukai, memilih varian yang lain menjadi kepuutusan yang tepat (menurut kita). Akibatnya, kulitpun menjadi iritasi karena penggunaan varian yang tidak sesuai dengan kebutuhan kulit wajah.

Gonta-ganti produk perawatan

Ada beberapa jenis wanita yang senang mengganti brand produk perawatan wajahnya setiap beberapa saat sekali. Alasannya sih, karena sedang mencari yang terbaik, atau karena tampilan brand lain lebih menarik. Padahal, pergantian kandungan kimia yang digunakan dalam proses perawatan ini cukup berbahaya. Apalagi, jika ternyata ada kandungan di brand baru yang tidak sesuai dengan kulit kita.

Jadi, sebelum menggunakan sebuah produk perawatan, biasakan selalu membaca kandungan, cara pemakaian, serta jangan sering gonta-ganti ya, untuk menghindari masalah yang bisa terjadi pada wajah kita. (Vita)