Mungkin banyak yang belum tahu apa itu fire sprinkler. Akan tetapi, jika kamu sudah melihat bentuknya, pasti langsung mengenalinya. Apalagi jika kamu tinggal di apartemen, atau bekerja di gedung perkantoran. Alat ini pasti akan selalu ada di plafon gedung setiap lantai sebagai salah satu cara untuk mengantisipasi kebakaran. Yap, walaupun kamu sudah menggunakan asuransi kebakaran yang akan mengatasi kerugian material akibat bencana ini, bukan berarti kamu bisa terbebas dari bencana ini, kan? Setidaknya, dengan menggunakan alat ini, kerugian dapat sedikit diminimalis.

Sayangnya, banyak orang yang beranggapan bahwa menggunakan fire sprinkler ini bukanlah penyelesaian. Alasannya? Karena itu artinya kamu harus memilih apakah ingin mengamankan harta benda dari kerusakan akibat kebakaran atau dari air.

Fire Sprinkler

Memang, sulit jika kamu harus memilih salah satu diantara kedua hal tersebut. Akan tetapi, coba bayangkan kerugian apa saja yang bisa kamu alami jika tidak menggunakan alat ini? Tidak hanya kerugian harta saja, kamu juga bisa mengalami kerugian akibat kehilangan sesuatu yang tak ternilai dan tak tergantikan, yaitu nyawa seseorang.

Yap, dengan menggunakan alat ini, artinya kamu bisa memadamkan api secara cepat saat api masih belum terlalu besar. Sehingga kerugian yang dialami tidak terlalu besar, dan juga mengurangi risiko adanya korban akibat musibah ini. Apalagi, semakin ke sini, teknologi yang digunakan oleh alat ini sudah semakin canggih. Beberapa fire sprinkler mampu mendeteksi adanya kebakaran dan hanya menyala di area adanya kebakaran saja. Sehingga tidak berisiko menimbulkan bahaya bagi lokasi lain. Selain itu, alat ini bekerja secara otomatis. Artinya, seandainya kamu sedang pergi dan terjadi kebakaran di rumahmu akibat suatu hal, maka alat ini akan secara otomatis mengalirkan air untuk memadamkannya.

Ada berbagai tipe fire sprinkler system yang beredar di masyarakat. Pada umumnya, pembagian tipe ini didasarkan pada pemicu menyalanya alat ini atau material apa yang terdapat dalam pipa alat ini. Dengan adanya berbagai pilihan ini, para pengguna fire sprinkler dapat memilih tipe yang kira-kira paling sesuai. Saat ini penggunaan fire sprinkler tidak hanya ditemukan di area gedung saja, sudah banyak juga rumah yang mulai memanfaatkannya sebagai cara pencegahan terjadinya bencana kebakaran. (Vita)