Bermain adalah kegiatan yang penting bagi anak untuk menunjang tumbuh kembang balita. Anda sebagai orangtua yang baik tentunya ingin memfasilitasi proses bermain anak dengan beragam mainan yang lucu dan menarik. Membeli mainan untuk anak Anda merupakan kegiatan yang menyenangkan. Namun, banyak hal yang harus diperhatikan sebelum Anda memutuskan untuk membeli sesuatu. Sebab, salah-salah Anda malah membeli sesuatu yang sebetulnya tidak Anda butuhkan. Ini dia, hal-hal yang harus Anda pehatikan saat membeli mainan anak:

Membeli mainan anak

Membeli mainan anak

  1. Pilih yang sesuai umur. Inilah poin pertama yang harus Anda perhatikan sebelum membawa benda-benda lucu tersebut ke meja kasir. Tentunya, Anda tidak ingin membeli sesuatu yang tidak bisa dinikmati oleh anak karena tidak sesuai umurnya kan? Jadi, pastikan mainan yang Anda beli cocok dengan umur anak dan bisa menunjang perkembangannya.
  2. Cek keamanannya. Mungkin Anda pikir semua mainan untuk anak sangat aman. Hal ini tidak sepenuhnya benar, sebab ada beberapa hal yang luput dari perhatian para pembuat mainan. Seperti partikel yang terlalu kecil sehingga dikhawatirkan bisa tertelan hingga material yang terkadang berbahaya jika tidak sengaja tergigit oleh anak. Usahan untuk selalu jeli mengecek mainan tersebut sebelum dibeli.
  3. Manfaat bagi anak. Proses bermain tidak hanya menjadi sarana relaksasi untuk anak tetapi juga merangsang perkembangan dirinya. Asah kreativitas dan daya imajinasi anak dengan mainan-mainan yang banyak tersedia di pasaran. Pilih juga mainan yang dapat membuat anak berpikir secara kritis secara bertahap. Permainan yang mengasah otak juga baik untuk perkembangan saraf sensoriknya.
  4. Memancing gerakan fisik anak. Saat masa-masa pertumbuhan, berikan mainan yang dapat menjadi stimulus agar anak mampu menggerakan anggota tubuhnya dengan baik. Misalnya mainan yang membuat anak menggerakan kaki, menggerakan mulut, atau bahkan menggerakan kedua tangannya secara aktif.

Itu dia empat tips sederhana yang bisa Anda lakukan saat hendak membeli mainan untuk anak. Namun yang terpeting, belilah mainan yang aman untuk anak dan sesuai dengan minatnya. Selalu perhatikan keselamatan anak di atas segalanya, ya! Selamat belanja. (Tr)