Jika Anda memiliki anggota keluarga yang sedang sakit dan membutuhkan jasa health care terbaik, mungkin Anda akan memutuskan untuk membawanya ke rumah sakit. Sebab di sana ada banyak tenaga kesehatan dan alat pendukungnya yang akan bisa memberikan perawatan terbaik untuk anggota keluarga Anda. Akan tetapi jika jenis penyakitnya adalah penyakit yang membutuhkan perawatan jangka panjang, apa mungkin Anda akan membiarkan anggota keluarga Anda berada di rumah sakit terus?

Apalagi jika sebenarnya kondisinya sudah stabil dan hanya membutuhkan rawat jalan saja, seperti pasien stroke. Pasien stroke yang mengalami kelumpuhan namun sudah dalam kondisi stabil, biasanya tidak membutuhkan rawat inap namun tetap membutuhkan rawat jalan dan perawatan kesehatan khusus dari orang di sekitarnya.

Home Health Care

Dalam kondisi seperti ini, menggunakan jasa home health care merupakan jalan keluar yang paling tepat. Home health care sendiri adalah sistem pelayanan kesehatan dan pelayanan sosial yang dilakukan di rumah pasien atau orang yang membutuhkan perawatan tersebut. Pelayanan ini bisa dikatakan sebagai lanjutan asuhan keperawatan dari pasien setelah kepulangannya dari rumah sakit.

Di luar negeri sendiri, terutama di negara dengan sistem health care terbaik, home health care sudah menjadi hal yang umum digunakan. Daripada harus memaksakan pasien tinggal di rumah sakit, lebih baik melakukan perawatan di rumah. Apalagi kondisi rumah yang penuh kehangatan keluarga bisa berdampak baik pada psikologis pasien dan bisa mempercepat proses penyembuhan.

Untuk jasa perawatannya sendiri, Anda bisa menggunakan jasa perawat yang berasal dari rumah sakit tempat keluarga Anda dirawat. Dengan begini, perawat tersebut sudah mengetahui secara detail bagaimana kondisi kesehatan keluarga Anda. Namun jika rumah sakit tersebut tidak menyediakan pelayanan home health care, maka Anda bisa menggunakan jasa perawat dari luar. Ada beberapa usaha penyalur jasa yang bisa Anda mintai pertolongan. Akan tetapi, waspada dalam memilih jasa ini ya, pastikan mereka paham tentang kesehatan dan mampu bekerja secara profeesional.

Namun tentunya tidak semua pasien bisa menjalani home health care ini. Dokter akan melakukan pemeriksaan secara mendetail terlebih dahulu untuk melihat apakah aman bagi pasien dirawat di rumah. Selain itu, kondisi lingkungan rumah juga akan menjadi pertimbangan dokter dalam mengijinkan pasiennya menjalani sistem perawatan ini. (Vita)