Satu hal yang tidak menyenangkan namun harus tetap dilakukan ketika hendak bepergian adalah mengepak barang-barang atau packing. Yap, packing bisa jadi merupakan kegiatan yang agak merepotkan bagi sebagian orang. Terlebih jika Anda harus pergi dalam waktu yang cukup lama namun jumlah bagasi di pesawat cukup terbatas. Bagaimana caranya memasukkan semua barang bawaan ke dalam koper yang sempit itu? Waduh, dibanding packing, rasanya lebih seru berburu tiket pesawat dan mengurus asuransi perjalanan, deh!

tips-menata-koper

Tips menata koper

Memang, packing merupakan sesuatu yang tidak bisa dihindarkan. Akan tetapi, bukan mustahil untuk dilakukan. Anda bisa kok mengatur barang bawaan Anda sedemikian rupa ke dalam satu koper saja. Ikuti trik di bawah ini dan Anda tidak akan kesulitan lagi jika harus packing.

  1. Pertama, keluarkan semua barang-barang yang ingin Anda bawa ketika liburan. Susun di atas permukaan ranjang atau di lantai. Hal ini dimaksudkan untuk melihat mana saja yang harus dibawa dan mana yang bisa ditinggalkan karena urgensinya tidak terlalu tinggi. Jangan membawa semua yang Anda inginkan, tetapi bawalah sesuatu yang Ana butuhkan.
  2. Kedua, masukkan sepatu terlebih dahulu. Sebelum memasukkan pakaian ke dalam koper, yang pertama kali harus masuk terlebih dahulu adalah sepatu. Jangan lupa juga untuk menggulung kaus kaki dan memasukkannya ke dalam sela di dalam sepatu. Dengan trik ini, Anda sudah menghemat ruang yang tadinya dipergunakan untuk menyimpan kaus kaki.
  3. Ketiga, isi bagian tengah koper dengan pakaian yang sifatnya tebal seperti jeans, sweter, atau baju berbahan rajutan. Jangan pernah meletakkan pakaian yang berbahan tebal di bagian atas koper karena akan membuat koper susah ditutup dan memakan lebih banyak tempat. Jika Anda memutuskan untuk membawa jas, lipatlah jas tersebut dengan menempatkan jeans di bagian tengahnya. Selain membuat lipatan jas lebih rapi, bentuknya pun tidak akan rusak karena lipatan tersebut. This will save so much space.
  4. Keempat, simpan kaus dan juga kemeja di bagian atas koper. Selalu ingat untuk meletakkan kemeja di atas semua pakaian yang dibawa karena kemeja lebih cepat lecek dibanding yang lainnya.
  5. Kelima, isi semua ruang sela yang tersisa dengan pakaian dalam, alat mandi, aksesoris, syal, dan lain sebagainya.

Bagaimana? Tidak sulit bukan untuk menata koper saat bepergian? Sekarang, Anda siap untuk berlibur! Have a wonderful trip dear everyone!