Norwegia tengah berencana untuk membangun terowongan untuk kapal laut pertama di dunia yang dibangun pada tebing bebatuan. Terowongan sepanjang 1,700 meter atau sekitar 5,610 kaki ini nantinya akan dilewati oleh kapal laut. Rencananya, pihak konstruksi akan membobol tebing ini dan membuat terowongan yang menyatu dengan laut. Pembangunan seperti ini merupakan yang pertama di dunia dan bahkan belum pernah ditemukan dalam konstruksi Indonesia atau bahkan properti Indonesia. Wah, mencengangkan sekali, ya.

Konstruksi yang diberi nama Stad Ship Tunnel ini direncanakan akan dibuka pada tahun 2023. Dengan lebar sekitar 36 meter atau 118 kaki dan tinggi 49 meter atau 162 kaki, pembangunan ini akan menghabiskan dana sekitar $314 juta. Terje Andreassen selaku project manager mengatakan bahwa para engineers harus menghancurkan sekitar 8 juta ton batu untuk membangun terowongan ini agar kapal dengan berat maksimal sekitar 16,000 ton bisa melewatinya. Luar biasa.

Stad Ship Tunnel, Norwegia

Stad Ship Tunnel sendiri merupakan terowongan yang berada di Stad Peninsula di Selje Municipality, Sogn og Fjordane, Norwegia. Pada tahun 2013 lalu, lorong ini masuk ke dalam daftar National Transport Plan. Setidaknya, sekitar 1 miliar kr disediakan untuk budget pembangunannya. Konstruksi ini akan dimulai pada tahun 2018 dan memakan waktu sekitar lima tahun.

Project manager untuk pembangunan ini berada di bawah tanggung jawab Terje Andreassen dan ia menjanjikan untuk membangun lorong ini di 2018 dan paling lambat pada awal 2019. Dulunya, rencana pembangunan ini pertama kali dimuat di koran Nordre Bergenhus Amtstidende pada tahun 1874. Sejak saat itu, perkembangannya pun terus diberlakukan.

Nantinya, setelah terowongan ini dibuka, ada banyak sekali kapal yang bisa melintas di lorong ini. Hal ini tentunya akan sangat membantu sekali untuk transportasi masyarakat lokal mengingat lokasi tempat ini sangatlah terpencil. Masih belum ada informasi apakah terowongan ini bisa dikunjungi oleh wisatawan atau tidak. Kita tunggu saja kabar berita terbarunya! Doakan agar pembangunannya lancar ya 😀