Selain penting memerhatikan asupan nutrisi ibu hamil, maka saat masa kehamilan baik itu di trimester pertama sampai dengan trimester selanjutnya ibu hamil pun diwajibkan untuk  selalu merawat kesehatan gigi dan mulut. Mengapa? Sebab, tidak memerhatikan kesehatan gigi maupun mulut, akan menimbulkan dampak buruk terhadap kesehatan sang janin ataupun Ibu hamil. Ini lantaran kuman dan bakteri yang menyerang tubuh akan masuk ke dalam rahim dan darah, sehingga bisa mengakibatkan keguguran dan penyakit jantung yang menyerang ibu hamil.

Untuk itu, supaya kesehatan gigi ini tetap terjaga selama masa kehamilan, ibu hamil dapat merawatnya dengan cara ini. Disimak, yuks!

Perawatan gigi ibu hamil

Perawatan gigi ibu hamil

  • Menggunakan sikat gigi dengan ukuran yang sesuai dan bertekstur lembut.

Sebelum memulai perawatan kesehatan gigi, ada baiknya gunakanlah penyikat gigi dengan tekstur lembut sekaligus memakai ukuran yang sesuai dengan mulut. Hal ini dilakukan supaya saat menyikat gigi, maka ibu hamil akan merasa nyaman sehingga tidak akan malas lagi ketika melakukan perawatan gigi.

  • Berkumur dengan air hangat.

Lantaran, hormon ibu hamil sering berubah pada saat hamil, maka biasanya akan sering muntah dan selalu mengeluarkan banyak air liur. Nah, agar sisa muntah maupun air liur yang dikeluarkan ini tidak memunculkan banyak kuman penyakit, sebaiknya rajinlah untuk berkumur dengan menggunakan air hangat. Dengan memanfaatkan air hangat ini, semua sisa makanan yang menyangkut di gigi pun akan terbuang dengan sempurna.

  • Memilih pasta gigi yang tidak merangsang tumbuhnya alergi di mulut.

Untuk ibu hamil yang gusinya cukup sensitif dengan pasta gigi, sebaiknya pilihlah pasta gigi yang memang selalu digunakan. Sebab, penggunaan pasta gigi yang tidak sesuai, malah dapat mengakibatkan alergi pada gusi sehingga bisa mengakibatkan gigi sakit dan memunculkan bau mulut.

  • Menyikat gigi dengan aturan yang sudah dianjurkan.

Supaya tidak terjadi masalah, usahakan ketika merawat kesehatan gigi ini ibu hamil menyikat gigi dengan aturan yang sudah dianjurkan. Lantaran, dengan mengikuti aturan yang sudah ada, tentu tidak akan menimbulkan peradangan ataupun sakit pada gigi. Sehingga, bisa mengantisipasi supaya kuman dan bakteri tidak muncul.

Itulah sedikit penjelasan mengenai cara perawatan kesehatan gigi yang baik untuk ibu hamil. Selamat mencoba. –SH–