Parket kayu merupakan pilihan yang paling banyak diminati sebagai bahan pelapis lantai di kawasan modern residence Jakarta. Lantai berparket kayu dinilai memiliki nilai positif dalam hiasan interior hunian dan memberikan sentuhan hangat. Namun demikian, perawatan lantai berpaket kayu tidak bisa dipandang dengan sebelah mata, loh. Sebab, lantai berpaket membutuhkan perawatan khusus yang tidak bisa disamakan dengan perawatan lantai biasa. Perlakuan yang tidak hati-hati justru akan membuat lantai berparket milik Anda akan rusak dan tidak awet. Untuk itu, sebaiknya Anda menerapkan beberapa hal di bawah ini untuk menjaga keawetan lantai.

Merawat lantai kayu

Merawat lantai kayu

  1. Gunakan vacuum cleaner atau mesin penyedot debu untuk membersihkan parket. Biasanya, debu yang ada di lantai parket tidak akan mudah hilang hanya dengan sekali sapu. Mengapa demikian? Sebab parket kayu memiliki permukaan pori-pori yang menjadi tempat ‘persembunyian’ debu. Untuk itu, perlu mesin penyedot debu untuk membersihkan semua debu yang menempel di sana.
  2. Perhatikan jumlah air saat ingin mengelap lantai parket. Mengapa? Sebab lantai parket kayu sangat anti dengan kelembapan. Jika ada air yang berada di lapisan parket, maka lantai Anda tidak akan bertahan lama dan akan berubah menjadi lapuk. Lapisan lilin dalam parket kayu pun perlahan-lahan bisa menghilang. Nah, jika Anda memang harus membersihkan lantai dengan lap pel, Anda harus memperhatikan jumlah air yang dipakai. Jangan terlalu banyak dan pastikan bahwa lantai benar-benar kering setelah dipel.
  3. Jika parket terkena noda, coba bersihkan dengan cairan pembersih. Lantai pastinya tidak akan pernah terbebas dari ancaman noda. Entah noda dari makanan, air, tinta, atau bahkan kotoran dari sepatu. Nah, jika pada suatu ketika lantai berparket Anda terkena noda, maka usahakan agar untuk mengelapnya terlebih dahulu dengan cairan pembersih sebelum mengelapnya dengan air. Jika tidak bisa hilang, barulah bersihkan dengan lap kering yang dibasahi dengan sedikit air.
  4. Berhati-hati agar parket tidak tergores. Saat memindahkan barang atau bahkan saat menggeser meja ketika hendak menyapu, tanpa sadar ujung kaki-kaki benda menyobek permukaan parket. Nah, jika sudah begini, Anda harus segera mengambil tindakan untuk menambal atau pun memperbaiki lantai parket tersebut. Sebab jika tidak segera ditangani, maka sobekan di lantai parket bisa menyebar dan semakin membesar. Disarankan agar selalu berhati-hati saat melakukan tindakan yang bisa merusak permukaan parket.

Nah, semoga tips-tips tadi bisa membantu Anda menjaga lantai kayu apartemen tetap awet. (Tr)