Pernahkah Anda memperhatikan tipe rumah yang selalu muncul di film horor? Memang sekilas, rumah horor yang biasa Anda tonton di bioskop terlihat normal dan sama seperti rumah-rumah biasanya. Lalu apa yang menimbulkan suasana menyeramkan dalam rumah-rumah di film horor itu? Jika Anda perhatikan, Anda akan menyadari bahwa rumah di film horor tersebut memiliki karakter yang khas. Biasanya rumah yang kita lihat di film horor memiliki ukuran yang besar dan bertingkat dan interior yang terdiri dari banyak mebel kayu Jati sehingga meninggalkan kesan tua.

Rumah dengan kesan horor

Tetapi selain kedua hal itu, hal yang paling berperan dalam membangun suasana horor di rumah tersebut adalah tata pencahayaannya yang buruk. Rumah yang gelap akan terkesan lama tidak ditempati dan tidak terawat sehingga sering diindikasikan dengan adanya makhluk lain yang menghuni rumah tersebut. Tidak ingin rumah Anda disebut horor? Maka fokuslah kepada tata pencahayaan saat merancang desain rumah. Berikut ini beberapa teknik dalam penataan cahaya agar membuat rumah terasa nyaman.

Menentukan Sumber Cahaya

Pertama, Anda harus mengetahui bahwa terdapat dua sumber cahaya yaitu cahaya dari matahari dan cahaya lampu. Teknik tata pencahayaan dengan matahari dapat di lakukan dengan cara memasang jendela yang berukuran besar dan menggunakan tirai rumah Anda. Jika Anda memilih warna tirai yang cerah, maka pantulan cahaya matahari akan membuat ruangan akan terlihat segar dan luas. Biasanya hotel berbintang juga menerapkan teknik yang sama agar cahaya matahari pagi dapat menyinari ruang tidur Anda. Meskipun begitu, tirai warna gelap  juga dapat membuat ruangan serasa teduh dan nyaman. Anda bebas memilih sesuai selera Anda apakah Anda lebih menyukai suasana yang terang dan segar atau teduh dan nyaman.

Pemasangan Lampu

Kemudian teknik tata pencahayaan berikutnya adalah dengan memasang beberapa sumber cahaya dalam satu ruangan. Kali ini sumber cahaya yang digunakan berasal dari lampu. Dengan menginstal lampu bawah kabinet dan overhead lighting di dapur misalnya, Anda akan merasakan bahwa tampilan ruangan akan terlihat lebih kuat dan menarik karena masing-masing sumber cahaya akan melengkapi antara satu dengan yang lain dan menghadirkan tampilan ruangan yang maksimal.

Teknik Pencahayaan

Hal terakhir yang bisa Anda terapkan adalah dengan menggunakan recessed lighting sebagai pencahayaan minimalis. Teknik pencahayaan ini biasa digunakan oleh ruangan yang memiliki langit-langit tinggi agar menghadirkan cahaya yang lebih halus sehingga membuat ruangan terasa nyaman.

Bagaimana? Sudah siap untuk mengubah rumah horor Anda menjadi rumah idaman? (Rima)