Cukup banyak perempuan Indonesia yang menggunakan pembersih wajah yang mengandung scrub. Apalagi ketika wajah sedang berjerawat dan kamu sedang berniat untuk mengikuti kontes putriĀ  purbasari 2017. Alasannya karena scrub dianggap efektif untuk membersihkan wajah dibandingkan dengan pembersih wajah biasa. Selain itu, scrub juga diyakini mampu mengatasi masalah jerawat dan mempercepat penyembuhan jerawat.

Pemikiran tersebut tidaklah salah karena butiran scrub memang mampu secara efektif mengangkat jaringan kulit yang telah mati dan mengangkat kotoran pada kulit wajah. Sehingga proses regenerasi kulit akan menjadi lancar dan kulit tampak bersih dan sehat. Selain itu, scrub juga mampu membersihkan minyak berlebih pada wajah sehingga dapat mencegah timbulnya jerawat. Sebab jerawat sendiri adalah masalah kulit yang muncul akibat adanya peradangan pada pori-pori kulit yang disebabkan oleh produksi minyak berlebih pada wajah dan kurangnya menjaga kebersihan. Itulah sebabnya, membersihkan wajah secara teratur mampu mengatasi masalah timbulnya jerawat.

Lalu, apa itu artinya pembersih wajah dengan scrub boleh digunakan setiap hari?

scrub muka

scrub wajah cr: google

Tentu saja tidak. Ingatlah fungsi pertama dari scrub, yaitu mengangkat jaringan kulit mati. Sementara jaringan kulit mati ini tidak akan muncul setiap hari. Artinya, jika tidak ada jaringan kulit mati pada kulit wajah, scrub ini justru bisa mengangkat jaringan kulit yang masih sehat. Bahkan jika kamu menggunakannya sehari lebih dari 1 kali, bisa mengganggu proses regenerasi kulit wajah. Tidak hanya itu saja, penggunaan scrub secara berlebihan juga dapat menyebabkan berbagai masalah kulit seperti:

  • Kering

Scrub dapat mengontrol produksi minyak. Namun dengan penggunaan scrub berlebihan, bisa jadi bukan fungsi sebagai pengontrol yang kamu dapat melainkan scrub ini menghalangi produksi minyak. Padahal minyak dibutuhkan oleh kulit untuk menjaga kelembabannya. Jika produksi minyak ini terganggu maka kulit wajah akan kering.

  • Kemerahan

Kulit terdiri atas beberapa lapisan, dan lapisan terluarnya merupakan lapisan pelindung. Ketika kamu membersihkan kulit wajah dengan menggunakan scrub terus menerus, maka kulit wajahmu akan kehilangan lapisan pelindung ini sehingga membuatnya lebih sensitif yang ditandai dengan warna kemerahan.

  • Mengelupas

Jika kamu merasa bahwa kulit wajahmu mudah terkelupas maka ini merupakan salah satu tanda adanya masalah akibat penggunaan scrub. Sebaiknya segera hentikan penggunaannya dan konsultasikan pada dokter sebelum kulit mengalami iritasi. (Vita)