Menggugah selera makan dari seorang ibu yang sedang hamil bukanlah perkara mudah. Pasalnya, Ibu hamil seringkali mengalami mual dan tidak berselera untuk mengonsumsi apa pun yang masuk ke dalam mulut. Kondisi ini tentunya berbahaya bagi keberlangsungan hidup ibu dan janin sebab kebutuhan gizi ibu hamil tidak terpenuhi. Lantas, apa solusi yang bisa ditempuh? Mungkin, Anda bisa mencoba untuk memasak makanan khas italia nih, Bunda! Italia terkenal dengan bumbu-bumbu racikannya yang menggugah selera, dan juga kesederhanaan bahan masakannya sehingga mudah Anda di rumah.

Pallatotte cacio e uova alias Breadball

Pallatotte cacio e uova alias BreadballApa yang akan terjadi jika keju, telur, dan roti dipadu menjadi satu? Yap, jawabannya adalah bread ball. Makanan ini cocok sekali untuk Anda yang sedang mencoba untuk menjadi vegetarian kala hamil. Cara membuatnya sangat sederhana yakni dengan merendam roti di dalam adonan khusus yang terbuat dari telur, parutan keju, peterseli, dan bawang putih. Setelah tercampur sempurna, bentuklah adonan menjadi berbentuk bola dan goreng dengan api sedang. Dinginkan. Nyalakan kembali kompor, masak saus tomat, bawang bombay, paprika (jika suka), dan lada bubuk, campurkan bola-bola yang sudah digoreng, dan biarkan hingga mendidih. Setelah selesai, sajikan dalam piring. Bread ball siap dimakan langsung atau dicampur dengan spagetti.

Risotto

carrot-risotto-su-myrecipescomIngin mengonsumsi nasi dengan rasa yang berbeda? Cobalah menu risotto ini. Untuk membuatnya, Anda membutuhkan sepiring nasi, kaldu sapi (atau bisa pula kaldu ayam), bawang, mentega, keju parut, dan parmesan. Pertama, tumislah nasi dengan bawang dan mentega hingga warnanya berubah kekuningan. Selanjutnya, tambahkan kaldu dan masak hingga mendidih sampai ketinggian air di dalam panci berkurang. Masukan potongan daging atau sayur yang sudah dipotong dadu sebagai topping. Tambahkan keju parut dan parmesan, aduk hingga nasi di dalam panci berubah tekstur menjadi agak creamy. Jika Anda menyukai rasa pedas, bisa juga tambahkan lada atau bubuk cabai ke dalamnya.

 

Bucatini All’amatriciana

bucatini-allamatriciana-zencancookAmatrice dalam nama masakan ini merupakan nama sebuah kota di Roma yang terkenal sebagai tempat kelahiran koki-koki masak kenamaan. Bucatini All Amatriciana sendiri adalah sejenis spageti yang dimasak dengan saus tomat, cabai, dan keju parmesan. Spageti dimasak langsung bersama saus di dalam wajan, kemudian tambahkan potongan daging dan tomat. Masak hingga matang, dan spageti siap disajikan selagi hangat.

 

 

Frico Con Patate

frico_food2forkMakanan ini cocok untuk Anda nikmati ketika malas untuk memakan nasi. Sebab, frico con patate bisa menggantikan asupan karbohidrat yang ada di dalam nasi karena makanan ini berbahan dasar kentang. Frico Con Patate terbuat dari kentang parut, bawang, dan keju, lalu dimasak hingga meleleh. Setelah jadi, adonan tersebut diaduk dengan telur, kemudian ditumis dan dibuat bundar pipih seperti pizza.

Dengan beragam menu yang telah disebutkan di atas, ibu hamil tidak perlu khawatir lagi kekurangan gizi karena kehilangan selera makan saat hamil. (Tr)

sumber gambar: google images