Ibu yang baru pertama kali melahirkan tentunya memiliki ketakutan tersendiri. Ketidaktahuan akan berbagai hal, tidak memiliki pengalaman sebelumnya, dan takut salah langkah merupakan hal yang biasa dihadapi oleh para ibu muda. Salah satunya adalah ketika proses menyusui si kecil. Ibu melakukan berbagai cara untuk memberikan yang terbaik, mulai dari minum susu ibu menyusui, memastikan ASI tetap kencang, hingga makan makanan yang bergizi. Selain itu, tentunya dampingan dari sekitar serta sokongan dari pihak yang berpengalaman sangat dibutuhkan untuk membuat Ibu yakin dalam merawat dan membesarkan si kecil. Atas dasar itulah, Ibu membutuhkan bantuan dari konsultan laktasi untuk membimbing Ibu saat proses menyusui.

Ibu Menyusui

Apa sih yang dimaksud dengan konsultan laktasi?

Sederhananya, konsultan laktasi adalah konsultan yang bertugas untuk mendampingi para ibu yang baru melahirkan dengan memberi dukungan dan juga informasi yang tepat mengenai cara untuk menyusui bayi. Seperti yang sudah diketahui, menjadi seorang ibu bukanlah tugas yang mudah. Tentu, seseorang yang baru pertama kali menjadi ibu akan merasa kebingungan dan butuh seseorang untuk mendampinginya, terutama saat periode menyusui. Nah, inilah yang menjadi tugas konsultan laktasi.

Konsultan laktasi berperan untuk membantu para ibu untuk menyusui bayi dengan tepat. Konsultan ini akan memberi tahu bagaimana cara menyusui yang benar, bagaimana cara meningkatkan produksi ASI, makanan sehat yang baik dikonsumsi saat ibu menyusui, serta membantu Ibu untuk menyelesaikan masalah yang sering muncul saat fase menyusui. Saat menyusui, Ibu sering menemui masalah seperti puting yang lecet, ASI tidak mau keluar, bayi tidak mau menyusu, hingga masalah lainnya. Nah, Ibu bisa menceritakan masalah ini pada konsultan laktasi dan mereka akan membantu Ibu untuk mencari jalan keluarnya.

Lantas, apakah tugas konsultan laktasi hanya sampai di situ saja? Tentu tidak. Konsultan laktasi juga berperan untuk membantu para ibu dalam menghadapi masalah teknis saat menyusui, misalnya membantu para ibu mengenali alat bantu menyusui seperti pompa ASI dan bagaimana caranya menyimpan ASI perah agar tetap berkualitas.

Nah, mengingat peran konsultan laktasi ini sangat banyak untuk para ibu, apakah Ibu juga tertarik untuk meminta bantuan dari mereka?