Sebelum Anda mulai mengunjungi tempat gym, alangkah baiknya terlebih dahulu Anda mengetahui jenis-jenis alat fitness yang akan Anda gunakan nantinya. Bukan cuma mengetahui jenisnya saja, namun Anda juga harus mengetahui kegunaan alat-alat fitness tersebut. Bayangkan saja, bagi Anda yang baru pertama kali memasuki tempat gym pasti merasa bingung melihat banyaknya alat yang tersedia. Anda juga tidak mengetahui apa saja jenis alat-alat fitness tersebut dan apa saja kegunaannya. Bisa jadi, latihan Anda malah menjadi sia-sia karena salah dalam memilih alat untuk berlatih.

Nah, untuk Anda yang belum mengetahui jenis alat-alat fitness dan apa saja kegunaan dari alat tersebut. Maka di bawah ini akan di jelaskan beberapa jenis alat-alat fitness serta kegunaannya. Berikut penjelasannya:

Beragam Jenis Alat fitness

Beragam Jenis Alat fitness

Jogging – Treadmill

Kegunaan Alat ini yaitu untuk melatih otot paha bagian depan. Alat ini sangat cocok untuk pemula. Untuk memulai memakai alat ini, Anda tinggal berdiri di atas Treadmill dengan postur tegap, lalu pilih menu yang Anda inginkan. Treadmill juga berfungsi untuk membakar lemak yang ada dalam tubuh Anda, pemanasan sebelum melakukan olahraga, dan sebagai pendinginan.

Stationary Bike (Sepeda Fitness)

Alat ini digunakan untuk melatih otot paha. Cara pemakaiannya pun juga sangat mudah, Anda tinggal duduk di kursi sepeda senyaman mungkin, lalu kayuh sepeda fitnessnya. Anda juga bisa memasukkan umur dan berat badan Anda, hal ini berfungsi untuk memperkirakan jumlah kalori yang di bakar selama latihan.

Sitting Calf

Sitting Calf digunakan untuk melatih otot-otot kaki. Cara pemakaiannya yaitu Anda tinggal memilih beban yang sesuai. Kemudian sesuaikan tinggi tempat duduk agar posisi nyaman serta pas. Tarik tuas yang ada agar pas terletak di bawah paha. Cengkeramlah alat tersebut seperti saat naik sepeda motor. Lalu angkatlah tumit untuk melakukan olahraga.

Leg Extension

Alat ini dipakai untuk melatih otot-otot paha khususnya bagian depan yang terletak di atas lutut. Untuk menggunakan alat ini, Anda tinggal duduk dengan tegak sampai tidak terdapat celah pada kursi yang tersedia. Kaitkan kaki pada bagian bantal. Kemudian tangan memegang kedua handle yang berada di samping kursi. Naikkanlah kaki setinggi mungkin sambil menahan napas, tahan sebentar, lalu lepaskan.

Vertical Row

Untuk menggunakan alat ini, Anda bisa memilih posisi sambil duduk maupun berdiri. Fungsi dari alat ini yaitu untuk melatih bagian punggung. Bagian depan tubuh juga ikut terlatih, karena gerakan yang dihasilkan berupa kegiatan mendayung.

Abdominal Crunch

Alat ini di gunakan untuk melatih otot perut terutama di bagian depan. Aturlah posisi duduk Anda sampai bantal terletak persis di bawah pantat. Jangan lupa bagian bawah paha Anda harus menempel atau didukung secara keseluruhan oleh kursi. Setelah itu, angkatlah tubuh Anda seperti melakukan sit-up. Selama latihan jangan sampai posisi tubuh Anda terlepas dari bantalan kursi.

Shoulder Press

Fungsi dari mesin ini adalah untuk melatih otot bahu bagian depan serta samping. Alat ini juga digunakan untuk otot leher serta lengan belakang agar tetap kencang dan tidak kendur.

Bench Press

Bench Press digunakan untuk membentuk tubuh bagian atas. Otot yang dibentuk yaitu bagian bahu, dada, serta trisep secara bersamaan. Selain itu alat ini juga bisa meningkatkan keseimbangan bahu.

Itulah beberapa jenis alat-alat fitness serta kegunaanya. Semoga bermanfaat –Sh–