Untuk kamu yang sering menggunakan produk perawatan kulit wajah di rumah, mungkin sering mendengar istilah peeling. Bahkan, mungkin kamu juga salah satu wanita yang secara aktif menggunakan produk peeling wajah secara rutin. Biasanya, istilah ini sering ditemukan pada beberapa produk yang mengandung scrub atau produk berupa masker wajah.Mengenal Istilah Peeling untuk Kulit Wajah

Lalu, kamu tahu gak sih arti dari kata peeling ini? Dan juga, apa sih manfaatnya untuk wajah?

Peeling merupakan istilah yang digunakan untuk jenis perawatan yang bertujuan mengangkat sel kulit mati. Jika kita menyebutnya peeling wajah, artinya perawatan ini dilakukan pada area wajah dan sekitarnya. Perawatan peeling ini sangatlah penting, karena jika sel-sel kulit mati yang ada pada lapisan kulit wajah tidak pernah dibersihkan, maka akan membuat kulit wajah menjadi kusam. Selain itu, masih ada beberapa manfaat lain dari peeling wajah, yaitu:

  • Memutihkan dan mencerahkan kulit wajah
  • Menghilangkan pigmentasi, menipiskan hiperpigmentasi dan menyamarkan flek atau noda hitam pada kulit wajah.
  • Meremajakan kulit
  • Mengurangi kerut dan mengencangkan kulit wajah, sehingga dapat menunda penuaan kulit
  • Merangsang pembentukan colagen

Banyak kan manfaatnya melakukan peeling secara teratur? Nah, untuk kamu yang tertarik untuk melakukan peeling, gak ribet kok. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan jika ingin melakukan perawatan, yaitu melakukannya sendiri di rumah atau melakukan perawatan di pusat kecantikan.

  • Di rumah

Jika kamu ingin melakukan perawatan sendiri di rumah, kamu bisa menggunakan produk perawatan wajah yang mengandung scrub, atau krim wajah yang mengandung retinol. Scrub sering ditemukan pada pembersih wajah (facial wash) atau masker. Pada beberapa masker yang mengandung scrub, biasanya terdapat keterangan “peeling” pada kemasannya. Penggunaan scrub untuk peeling cenderung lebih aman daripada peeling lainnya. Sementara, retinol merupakan bentuk paling murni dari Vitamin A, dan berfungsi untuk memperbaiki kulit dengan mengelupas kulit. Karena cara kerjanya dengan mengelupas kulit, maka pada awal proses perawatan kulit akan menjadi kemerahan dan sensitif terhadap panas matahari. Jadi, pastikan untuk menggunakan pelembab yang mengandung SPF untuk melindungi wajahmu ya.

  • Pusat kecantikan

Jika kamu melakukan perawatan di pusat atau ahli kecantikan, ada dua cara peeling yang bisa digunakan, yaitu mikrodermabasi dan chemical peeling. Kedua perawatan ini sebenarnya memiliki cara kerja yang tidak berbeda jauh, yaitu meregenerasi kulit dengan cara mengelupas sel kulit mati sehingga akan muncul kembali sel kulit yang sehat. Namun, untuk mokrodermabasi digunakan alat khusus dengan bahan utama kristal halus. Sementara, untuk chemical peeling menggunakan berbagai bahan kimia yang diaplikasikan langsung pada kulit wajah. Bahan kimia yang digunakan akan disesuaikan dengan kebutuhan kulit wajahmu. Karena itulah, perawatan ini harus dilakukan oleh ahlinya, agar tidak membuat kulit wajah menjadi bermasalah. (Vita)