Apa yang biasanya Anda persiapkan saat hendak membangun rumah? Tentunya banyak ya, mulai dari desain rumah, warna cat yang akan digunakan, hingga mungkin harga pagar panel beton untuk halaman atau kebun rumah Anda. Nah, satu lagi yang tidak boleh ketinggalan adalah memilih style atau gaya dari pilar rumah Anda. Ya, pilar tentunya adalah salah satu unsur yang harua dipikirkan dengan seksama karena fungsinya yang sangat penting bagi rumah Anda. Pilar berfungsi untuk menopang atap atau lantai kedua atau mungkin ketiga dari rumah Anda. Letaknya bisa di dalam atau di luar rumah sebagai penyangga dek rumah.

Mungkin selama ini Anda hanya mengenal pilar sebagai tiang penyangga dengan bentuknya yang membosankan lurus dan itu-itu saja. Padahal ada banyak gaya yang bisa dipilih sesuai dengan keinginan Anda. Secara haris besar, style dari pilar rumah terbagi menjadi dua, yakni pilar klasik dan modern. Apa saja sih perbedaanya? Simak ulasannya berikut.

Pilar bergaya klasikĀ 

Pilar klasik

Pilar klasik

Pilar dengan gaya klasik biasanya dipilh karena kesan mewah yang dihadirkannya. Biasanya pilar ini terbuat dari beton atau batu dengan bentuk bulat atau kotak berukuran besar, sehingga menampilkan kesan yang kokoh. Gaya pilar klasik ini kemudian terbagi lagi menjadi dua gaya, yakni gaya Roma dan Yunani, yang memang menjadi inspirasi dari gaya klasik ini.

Pada pilar gaya klasik, terdapat tiga komponen utama, yakni:

  • Bagian dasar (base) yang biasanya berbentuk bulat atau kotak.
  • Bagian tiang (shaft), dengan desain yang dibiarkan mulus atau dengan lekukan dan ukiran di sekitarnya.
  • Bagian kepala (capital), yang menyambungkan pilar dengan bagian atas rumah, kadang berbentuk sederhana namun ada juga yang memiliki desain yang rumit.

Pilar bergaya modern

Pilar bergaya modern

Pilar bergaya modern

Pada pilar bergaya modern, desain, bahan serta bentuknya lebih bebas dibandingkan dengan gaya klasik. Pilar-pilar ini bahkan kadang digunakan juga sebagai bagian dari dekorasi rumah, tidak hanya sekedar penyangga saja. Gayanya pun terbagi lagi menjadi beragam, mulai dari gaya minimalis dengan desainnya yang sederhana hingga, gaya industrial yang biasanya menggunakan besi atau metal.

Lalu mana yang terbaik bagi rumah Anda? Tentu saja itu tergantung pada selera dan desain rumah Anda. (Raw)