Ada banyak hal yang diperlukan saat Anda akan memulai sebuah usaha, dan modal merupakan satu hal yang akan selalu dibutuhkan. Apapun jenis usahanya, darimulai usaha dagang secara offline maupun berbisnis online. Ketika usaha masih kecil dan Anda belum memiliki dana yang cukup untuk modal awal, pinjaman modal usaha kecil akan menjadi hal yang sangat bermanfaat. Sementara, untuk usaha yang sudah cukup berkembang, umumnya akan memiliki lebih banyak pilihan untuk memperoleh modalnya.Mendapatkan Modal saat Memulai Usaha

Berikut ini, adalah beberapa cara mendapatkan modal saat memulai usaha:

  • Pinjaman

Ini adalah cara yang banyak digunakan oleh seseorang ketika membutuhkan modal usaha. Pinjaman ini bisa didapatkan dari keluarga, teman, ataupun pihak lain seperti lembaga keuangan bank ataupun lembaga keuangan non bank. Untuk beberapa sumber pinjaman, Anda tidak membutuhkan jaminan apapun, namun jika Anda meminjam pada lembaga seperti bank ataupun lembaga non bank, terkadang mereka meminta sebuah jaminan. Jika Anda tidak mampu mengembalikan atau membayar cicilan tepat pada waktunya sesuai dengan perjanjian, maka jaminan inilah yang akan diambil oleh lembaga tersebut. Karena itulah, berhati-hatilah jika Anda mengajukan pinjaman ini, dan perhatikan penggunaan uangnya agar dapat bermanfaat secara maksimal.

  • Joint Venture

Jika Anda memiliki kerabat atau saudara yang tertarik untuk menjalankan usaha yang sejenis dengan Anda, maka Anda bisa mengajaknya kerjasama untuk memperoleh sumber modal. Keuntungan dari cara ini yaitu, Anda akan membagi risiko ini kepada teman yang bekerja sama dengan Anda. Artinya, ketika terjadi kerugian akibat kegagalan usaha, maka Anda tidak akan menanggungnya sendiri. Namun, jika Anda mendapat keuntungan, maka Anda juga harus membagi keuntungannya secara adil. Akan tetapi, sistem ini cukup berisiko menimbulkan kerenggangan hubungan jika usaha yang dijalankan bermasalah. Karena itulah, sebaiknya buatlah sebuah surat pernyata resmi yang disepakati kedua belah pihak, untuk memastikan bagaimana sistem kerjasamanya akan berjalan.

  • Menggadaikan aset

Anda bisa menggadaikan aset yang dimiliki pada lembaga jasa penggadaian. Namun, yang perlu diingat oleh pencari modal yaitu, biasanya pinjaman yang diberikan oleh lembaga penggadaian bernilai lebih rendah daripada harga barang yang digadaikan. Selain itu, ada bunga yang diterapkan oleh lembaga untuk peminjaman pada debitur. Perbedaan penggadaian ini dengan pinjaman ke lembaga keuangan dengan jaminan yaitu, lembaga penggadaian lebih fleksibel dalam menerima berbagai barang untuk digadaikan, sementara lembaga keuangan biasanya menentukan hanya beberapa aset yang bisa dijadikan jaminan.

  • Menjual aset

Jika Anda ingin memperoleh modal tanpa pinjaman, menjual aset merupakan salah satu cara terbaik. Dengan cara ini, Anda tidak memiliki kewajiban membayar cicilan setiap bulannya untuk mengembalikan pinjaman.

Diantara beberapa cara tersebut, cara mana yang menurut Anda paling tepat sebagai sumber modal usaha Anda? (Vita)