Bagi Anda yang jatuh cinta dengan nuansa Jepang, membangun rumah yang kaya dengan sentuhan negeri sakura tersebut merupakan hal yang tepat. Bangunan rumah Jepang memang sederhana dan mudah diaplikasikan di mana saja. Model konstruksinya yang tahan gempa bahkan membawa dampak positif jika Anda ingin menerapkannya di rumah. Tidak perlu lagi membuat survey harga pagar panel beton untuk melindungi konstruksi rumah agar tetap kokoh. Bagaimana cara mewujudkan hunian bergaya Jepang? Simak dalam artikel berikut ini.

Desain rumah ala Jepang

Desain rumah ala Jepang

Pertahankan nilai tradisional dalam hunian

Jika Anda perhatikan, rumah-rumah di Jepang tetap mempertahankan nilai budaya mereka, semodern apa pun bangunannya. Mulai dari tatami yang dihamparkan untuk menutupi permukaan lantai, pintu geser untuk membatasi setiap ruang, hingga meja yang dilengkapi pemanas atau kotatsu dengan tempat duduk yang menghampar di lantai. Jika Anda ingin membangun hunian bernuansa Jepang, maka hal-hal tersebut tidak boleh dipandang sebelah mata. Anda harus mengadaptasinya dalam bangunan rumah Anda dan memodifikasinya agar sesuai dengan kebutuhan.

Dekorasi sederhana yang menimbulkan efek damai

Rumah-rumah di Jepang, meskipun tidak terlalu besar (harga tanah di sana sangat mahal), namun memiliki ambience yang khas berupa rasa damai dan sederhana serta dekat dengan alam. Nuansa inilah yang kemudian dikenal dengan gaya Zen dalam dunia arsitektur. Rumah-rumah di Jepang sangat memperhatikan keseimbangan dan sisi efisiensi. Jadi, perhatikan pula dekorasi serta elemen furnitur di hunian Anda agar tidak berlebihan.

Pemilihan warna yang khas

Seperti yang sudah dibahas di poin dua, rumah di Jepang sangat dekat dengan alam. Karena konsep itulah, rumah-rumah di Jepang selalu menggunakan warna yang sangat alami. Seperti cokelat, hijau, putih gading, merah bata, atau abu-abu. Pemilihan warna ini bisa juga diterapkan pada warna tatami yang hijau kekuningan atau pernggunaan parket kayu yang berwarna cokelat.

Kerapian ruangan

Untuk menyempurnakan nuansa Jepang di hunian Anda, yang perlu diperhatikan adalah sisi kerapiannya. Kalau Anda perhatikan di manga atau anime Jepang, Anda mungkin pernah melihat bahwa setiap ruangan di rumah Jepang sangat minimalis sekali dan cenderung memiliki sedikit barang. Orang Jepang memiliki kebiasaan untuk mengorganisir segala sesuatunya sehingga benda-benda disimpan di dalam bufet agar tidak terlihat berantakan.

Itu dia empat hal yang bisa Anda adaptasi untuk menciptakan rumah bernuansa Jepang. Tertarik untuk mencobanya? (Tr)