Di tengah gaya ruang yang serba modern seperti sekarang ini, menata rumah Anda dengan sentuhan tradisional pastinya akan memiliki nilai tersendiri. Namun, nyatanya mewujudkan rumah bergaya tradisional tidak semudah membalikan telapak tangan, lho. Perlu pertimbangan khusus untuk melakukannya. Mengapa demikian? Pasalnya, mempertahankan nilai-nilai keanggunan di balik kesederhanaan furnitur merupakan tantangan bagi Anda yang ingin membuat ruang dengan gaya tradisional, misalnya saja dengan sentuhan khas Jawa. Anda bisa menambahkan mebel kayu jati untuk memperkaya kesan Indonesia di rumah Anda. Selain itu, ada pula beberapa tips yang bisa Anda tiru untuk menata ruang di rumah Anda agar bergaya tradisional:

Ruangan bernuansa Jawa

Ruangan bernuansa Jawa

Furnitur Kayu

Untuk memperkuat kesan klasik dan megah di rumah bergaya Jawa milik Anda, perhatikan furnitur yang akan Anda gunakan. Furnitur merupakan elemen yang memegang peranan sentral dalam sebuah ruangan. Pasalnya, yang pertama kali mencuri perhatian dari seseorang adalah mebel yang ada di dalam ruang sebelum memperhatikan hal lainnya. Gunakan mebel yang banyak menggukan bahan kayu dan ukiran untuk menambah kesan tradisional dan klasik.

Corak dan warna

Penggunaan corak dan warna. Jawa identik dengan warna-warna alam seperti cokelat, hijau tua, atau bahkan biru. Manfaatkanlah elemen ini untuk membangun kesan kuat di dalam hunian Anda. Setelah mendapatkan furniture yang cocok, aturlah furnitur tersebut dengan susunan yag tepat dan pergunakan warna-warna tersebut. Padukan warna ruang dengan warna elemen lain seperti warna gorden, warna taplak meja, hingga warna lantai rumah Anda.

Pilihan Lantai

Alih-alih menggunakan marmer untuk lantai, coba pertimbangkan untuk menggunakan parket kayu. Lantai parket memang memiliki perawatan yang tidak mudah. Akan tetapi, parket dapat menambah kesan hangat dan tenang, sesuai dengan gaya khas perumahan Jawa yang anggun dan megah. Namun demikian, jangan lupa untuk mempertahankan kesan sederhana di balik keanggunan tersebut, ya! Anda juga bisa memberikan sentuhan ‘jadul’ dengan meletakan pajangan-pajangan kayu di atas bufet.

Splash of Batik

Jangan melupakan sentuhan batik. Rumah khas Jawa pasti memiliki unsur batik di dalamnya. Anda bisa memberikan sentuhan corak ini dengan membuat taplak bermotif batik atau mengganti kulit sofa di rumah Anda denga corak batik. (Tr)