Sudah menjadi hal umum menjadikan TV berbayar seperti TV kabel ataupun TV satelit sebagai fasilitas tambahan pada internet rumah. Bahkan, beberapa provider yang awalnya menawarkan internet dan TV berbayar Memilih TV Kabel dan Internet Rumahterpisahpun, pada akhirnya membuat sebuah paket untuk menyatukan kedua teknologi ini. Meskipun pelanggan  tetap saja bisa memilih paket secara terpisah jika merasa tidak membutuhkan salah satunya, baik TV Kabel ataupun internet.

Bagi yang ingin menggunakan paket TV Kabel dan internet secara bersamaan, mungkin akan merasa bingung karena ada banyak sekali provider yang menawarkan paket ini. Supaya tidak bingung, berikut ini adalah beberapa tips saat akan memilih paket TV Kabel dan Internet rumah yang sesuai untuk kita:

  • Lokasi

Sebagai angkah yang paling awal sebelum mencari informasi lebih lanjut, carilah informasi terlebih dahulu provider apa saja yang dapat menjangkau lokasi tempat tinggal kita. Karena, jika kita sudah mencari informasi lengkap mengenau paket pada suatu provider dan tempat tinggal kita tidak terjangkau, semua akan menjadi percuma dan sia-sia saja.

  • Harga

Setiap provider tentunya akan menawarkan beberapa paket yang bisa kita pilih, dari mulai yang paling murah hingga paket yang bisa mencapai jutaan rupiah untuk setiap bulannya. Sebagai langkah selanjutnya, kumpulkan informasi harga dari seluruh provider yang bisa menjangkau tempat tinggal kita.

  • Channel

Setelah kita mendapatkan informasi harga dan sudah menentukan batas maksimal kemampuan kita, perhatikan seluruh channel yang ditawarkan oleh provider pada harga tersebut. Pada umumnya, akan ada beberapa channel yang disukai oleh seseorang yang ingin memasang TV Kabel, misalnya KBS World, NHK World, CSI, atau yang lainnya. Pastikan bahwa channel yang kita inginkan terdapat dalam paket yang akan kita pilih.

  • Kuota dan Kecepatan

Tentunya, semakin tinggi harga yang ditawarkan akan semakin besar pula kuota dan kecepatan yang kita dapatkan. Jangan mudah tertipu dengan kata “unlimited” yang sering ditawarkan oleh provider internet, karena sebenarnya tidak ada yang benar-benar unlimited. Umumnya, provider akan memberikan keterangan tambahan yaitu, setelah penggunaan mencapai sekian, maka kecepatan akan dikurangi. Nah, inilah yang harus diwaspadai oleh pelanggan. Ada beberapa provider yang masih memiliki internet dengan kecepatan cukup stabil setelah kecepatan dikurangi, namun ada juga yang menjadi sangat lambat setelah kecepatan dikurangi oleh provider. (Vita)