Memilih investasi menguntungkan tentunya harus sangat berhati-hati. Bagaimana tidak, salah memilih investasi bisa saja berujung pada kerugian, alih-alih keuntungan yang diharapkan di awal. Apalagi, sekarang ini ada beragam jenis investasi menguntungkan yang sedang marak di masyarakat. Sebagai investor pemula yang baru ingin memulai berinvestasi dan belum memiliki pengalaman, hal ini tentu saja bukanlah hal yang mudah. Ada banyak hal yang perlu diperhatikan dan dipelajari agar tidak salah menentukan pilihan.

Nah, berikut beberapa hal yang bisa membantu para investor pemula, seperti Anda, dalam memulai dan memilih investasi.

Investasi untuk pemula

Investasi untuk pemula

Tentukan kebutuhan dan tujuan investasi

Setiap orang pastinya memiliki kebutuhan dan tujuan akan investasi yang berbeda-beda. Nah, sebelum mulai memilih jenis investasi apa yang tepat untuk dipilih, penting bagi Anda untuk mengetahui dan memahami apa sebenarnya kebutuhan, tujuan, serta resiko investasi yang bisa Anda hadapi. Dengan memahami itu semua akan memudahkan Anda dalam menmukan investasi yang tepat.

Sumber informasi

Mencari informasi terkait jenis investasi tentunya penting. Namun harus diingat,  tidak semua informasi tersebut benar dan terpercaya. Maka Anda harus pintar-pintar menyaring semua informasi yang telah didapat. Selaian itu, jangan batasi sumber informasi hanya dari satu media saja. Selain dari internet, Anda bisa juga mencari informasi dengan bertanya langsung pada bank, atau kerabat dan teman yang telah lebih dulu melakukan investasi.

Tentukan berapa lama Anda bisa berinvestasi

Pikirkanlah berapa lama Anda ingin mendapakan keuntungan kembali. Lamanya waktu ini sangat berpengaruh pada jenis investasi yang akan dipilih nanti. Misalnya saja bila Anda ingin mendapatkan keuntungan dalam waktu cepat, maka pilihlah investasi jangka pendek seperti saham dan tabungan. Sementara bila Anda menginginkan hasil investasi dalam jangka panjang, bisa memilih investasi properti atau emas.

Risiko investasi

Beda investasi tentu beda resiko yang terkandung di dalamnya. Sebagai pemula, akan lebih baik bila memulai dengan investasi dengan risiko yang kecil, baru setelah itu mulai merambah ke investasi dengan investasi berisiko medium, dan tinggi.

Sebar investasi

Kunci dari mendapatkan keuntungan dalam berinvestasi adalah dengan tidak menempatkan seluruh dana investasi dalam satu wadah saja. Dengan begitu, Anda bisa menyeimbangkan antara keuntungan serta risiko yang bisa didapatkan dari investasi tersebtut.

Legalitas

Saat ini banyak sekali jenis investasi yang ditawarkan oleh beragam lembaga finansial dengan keuntungan yang sulit untuk ditolak. Meski begitu, sebelum Anda tergoda, pastikanlah legalitas dari investasi yang Adan minati tersebut. Jangan sampai, Anda terjerat hukum karena tergoda oleh investasi yang tidak pasti.

Cek biaya

Biasanya orang hanya fokus pada menyiapkan dana untuk investasi saja. Padahal pada beberapa investasi, juga disertai dengan biaya-biaya lain yang mesti dikeluarkan oleh investor. Ceklah besaran biaya ini dan persiapkan sebelumnya.

Semoga tips-tips tadi bisa membantu, dan semoga investasi Anda berjalan lancar dan menguntungkan. (raw)