Buat kamu yang senang banget menonton drama Korea, pastinya sudah tahu dong bahwa kimchi merupakan salah satu side dish wajib dalam setiap acara makan bagi warga lokal Korea Selatan? Yap, setiap mereka makan, di meja pasti tersedia satu mangkuk berisi kimchi. Nah, penasaran ingin mencoba kimchi dan membuatnya sendiri di properti indonesia milikmu? Begini caranya!

Membuat kimchi di rumah

Membuat kimchi di rumah

Tahap satu: Meracik sawi putih.

  1. Ambil sawi putih, lalu potong menjadi 4 bagian. Hal ini dilakukan agar kamu lebih mudah meracik sawi menjadi kimchi nantinya.
  2. Ambil bak untuk merendam sawi. Atau jika tak ada bak, boleh juga menggunakan ember. Apa pun bisa dijadikan sebagai wadah agar cukup besar untuk merendam sawi putih.
  3. Isi wadah yang sudah disiapkan dengan air dan juga garam secukupnya. Aduk sampai larut.
  4. Basahi sawi putih dengan air garam. Sebelum dibasahi, pastikan bahwa setiap lembaran sawi telah dibubuhi dengan garam. Jika sudah, rendam sawi ke dalam air garam sampai tercelup dengan sempurna. Lakukan sampai seluruh sawi terendam.
  5. Diamkan sawi selama 5 jam di dalam rendaman air sampai layu.
  6. Setelah 5 jam, angkat sawi dan rendaman lalu cuci selama beberapa kali. Setelah selesai, tiriskan sampai sawi mengering.

Tahap dua: Membuat bumbu kimchi.

  1. Tuangkan tepung beras, air, dan juga gula secukupnya (sesuai dengan sawi yang digunakan). Aduk semuanya hingga rata.
  2. Campurkan saus tepung beras dengan air sebanyak 2 cup. Masak hingga mendidih dan tercampur sempurna. Nantinya, tekstur saus ini akan mengental layaknya bubur.
  3. Ambil apel manis dan juga bawang bombay. Cincang keduanya menjadi potongan kecil lalu blender hingga halus. Campurkan cairan apel dan bawang bombay yang sudah diblender dengan saus yang telah mengental (tapi tunggu hingga dingin, ya). Aduk sampai rata.

Tahap tiga: Bahan pelengkap kimchi.

  1. Potong lobak, kucai, dan juga daun bawang dengan potongan kecil-kecil berbentuk korek api.
  2. Ambil wadah besar, tuang bubur bumbu kimchi yang telah dibuat, lalu campurkan dengan gochujang atau hot pepper flakes.
  3. Tuang bawang putih cincang, jahe, gula, kecap ikan, dan juga biji wijen. Campur hingga merata.
  4. Tambahkan lobak, kucay, dan daun bawang yang sudah dipotong dan aduk hingga menyatu sempurna.

Tahap empat: Finishing.

  1. Ambil sawi putih yang sudah kering di tahap satu. Baluri dengan bumbu yang sudah dibuat. Pastikan setiap lembaran sawinya sudah terkena bumbu kimchi, ya!
  2. Setelah semua sawi dibaluri dengan bumbu, simpan semua sawi dalam wadah tertutup dan diamkan selama satu hari pada suhu ruang. Dengan begitu, bumbu akan meresap sempurna ke dalam sawi.
  3. Setelah satu hari, barulah kimchi dapat disimpan di dalam kulkas dan siap dikonsumsi. Psst, kimchi ini tahan selama 6 bulan, lho!

Selamat mencoba membuat kimchi di rumah sendiri, ya! Semoga berhasil! –TR-