Ketika mendengar kata tumor otak, yang ada dalam pikiran kita pastilah sesuatu yang menakutkan. Tidak hanya karena penyakit ini bisa membahayakan nyawa saja, tetapi juga proses pengobatan yang tidak mudah dan biaya yang tidak murah. Apalagi, biaya pengobatan untuk penyakit ini tidak ditanggung asuransi kesehatan biasa, karena termasuk kategori penyakit kritis. Baik itu tumor otak primer maupun tumor otak sekunder.

Nah, mungkin banyak dari kamu yang hanya mengetahui secara dasar apa itu tumor otak, namun belum mengetahui bahwa penyakit ini memiliki 2 jenis, yaitu primer dan sekunder. Hal utama yang membedakan keduanya yaitu awal mula atau penyebab dari munculnya tumor ini. Supaya lebih paham, berikut ini penjelasan mengenai tumor otak primer dan sekunder yang diambil dari situs mayoclinic:

Tumor Otak Primer

Tumor otak ini berasal dari otak itu sendiri atau jaringan yang ada di sekitarnya. Misalnya, pada bagian meninges (membran yang menutupi otak), saraf kranial, kelenjar pituitary atau kelenjar pineal. Tumor otak ini terjadi ketika adanya mutasi abnormal yang dialami sel dalam DNA. Sel akan terus membelah dalam waktu cepat dan tetap bertahan hidup ketika sel sehat seharusnya mati. Hal ini berlangsung terus menerus hingga akhirnya membentuk tumor.

Tumor Otak Primer dan Sekunder

Tumor otak primer ini adalah jenis yang cukup jarang ditemui dibandingkan dengan tumor otak sekunder, dengan jenis yang cukup beragam. Beberapa diantaranya yaitu gliomas, meningiomas, acoustic neuromas, dan beberapa jenis lainnya.

Tumor Otak Sekunder

Pada jenis ini, tumor otak terbentuk akibat adanya kanker pada bagian tubuh lainnya, yang kemudian menyebar (bermetastasis) ke bagian otak. Biasanya, tumor ini ditemukan pada pasien kanker atau seseorang yang pernah menderita kanker (meskipun sudah sembuh). Namun terkadang, tumor otak ini justru ditemukan atau terdeteksi sebelum dokter mendeteksi adanya kanker, sehingga bisa dibilang, tumor ini menjadi tanda adanya pertumbuhan kanker di organ lain dalam tubuh pasien.

Semua jenis kanker memiliki potensi yang sama untuk menjadi penyebab tumor otak sekunder ini. Akan tetapi, yang paling umum yaitu kanker payudara, kanker usus besar, kanker ginjal, kanker paru-paru dan melanoma. (Vita)