Irlandia. Mungkin yang terlintas di benak Anda ketika mendengar kata Irlandia adalah bangunan kastil tua dengan wilayah yang hijau dan hamparan rumput yang membentang luas. Padahal, selain kastil-kastil, Irlandia juga terkenal dengan budayanya yang kental. Ditambah lagi, banyak sudut-sudut kota Irlandia yang memiliki keunikan tersendiri dan patut untuk dikunjungi setidaknya sekali seumur hidup. Salah satunya adalah Dublin, kota sastra yang terkenal di wilayah Irlandia. Jika Anda memiliki kesempatan untuk berlibur, silakan berkunjung ke Dublin dan coba sewa rental mobil di sana untuk mengeksplorasi setiap jengkal kotanya.

Dublin Irlandia

Dublin Irlandia

Dublin, ibukota Irlandia yang mendapat predikat “City of Literature” dari UNESCO sejak Juli 2010 ini memiliki banyak karya sastra yang bisa dinikmati oleh masyarakat dunia. Bukan hanya karya sastra pemenang Nobel saja yang terkenal tetapi juga bangunan-bangunannya dan seni pertunjukannya. Banyak nama sastrawan dunia yang lahir dan besar di Dublin. Di antaranya, Oscar Wilde, George Bernard Shaw, Samuel Beckett, hingga James Joyce. Berikut ini adalah tempat-tempat yang bisa Anda kunjungi ketika melancong ke Dublin.

Atraksi sastra di Dublin Irlandia

Atraksi sastra di Dublin Irlandia

  • The Old Library of Trinity College Dublin. Trinity College Dublin merupakan universitas ternama yang berada di Dublin. Arsitektur bangunannya klasik disertai dengan sentuhan modern. Namun, bukan itu saja yang membuat Trinity College Dublin terkenal di antara para wisatawan. Tidak lain dan tidak bukan karena The Old Library yang menyimpan The Book of Kells, buku legendaris yang diklaim sebagai buku dengan ilustrasi paling indah.
  • Dublin Writers Museum. Di dalam museum ini, Anda akan menemukan jajaran penulis sastra yang berasal dari Dublin beserta para karyanya. Dublin Writers Museum juga memamerkan beberapa barang peninggalan dari para penulis yang bisa Anda saksikan. Ada pula beberapa karya penulis di edisi pertama mereka yang pastinya akan menggugah selera baca Anda.
  • Abbey Theater. Di tempat ini, Anda bisa menyaksikan karya para sastrawan yang dipentaskan oleh para pemain profesional. Drama yang ditampilkan pun beraneka ragam dan dimainkan dengan penuh penghayatan. Akan tetapi, jika Anda ingin menonton teater di tempat ini, pastikan untuk membeli tiket beberapa hari sebelum pertunjukan, ya!
  • Literary Pub Crawl. Berjalan-jalanlah untuk mengunjungi beberapa bar terkenal yang menjadi tempat para sastrawan menghabiskan waktu untuk berdiskusi, melamun, mencari ide, dan menggarap karyanya. Anda bisa merasakan tempat-tempat yang dijadikan tempat singgah oleh para sastrawan di Dublin.

Nah, selamat menikmati keindahan kota Dublin sekaligus menikmati atraksi sastra di Irlandia! (Tr)