Mungkin lebih banyak orang yang menggunakan teh hijau (Green Tea) untuk menjaga kesehatannya dibandingkan dengan teh putih (White Tea). Padahal kandungan yang dimiliki Teh Putih tidak kalah di bandingkan Teh Hijau. Teh putih mulai dikenal pada jaman dinasti Song dan merupakan pilihan para bangsawamanfaat teh putih bagi kesehatann serta dijadikan suguhan sebagai penghormatan pada kaisar. Teh putih juga sering disuguhkan kepada para Jendral kerajaan yang akan berperang dan dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri serta vitalitas sehingga akan memperoleh kemenangan saat berperang nanti.

Pada awalnya teh putih hanya dikenal di China saja, namun semakin banyak penemuan mengenai manfaat teh putih serta peminat dari luar China yang mulai menggunakan teh untuk kesehatannya akhirnya teh ini pun mulai terkenal diseluruh dunia. Berikut ini adalah beberapa manfaat jika meminum teh putih secara teratur:

  • Sebagai Anti Kanker

Kandungan Flavonoids yang merupakan salah satu antioksidan dalam teh putih ini dapat menghalangi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh dan mencegah pertumbuhan sel kanker baru.

  • Menurunkan Tekanan darah dan Kolestrol

Teh putih mengandung Catechins, yaitu salah satu bentuk antioksidan lain yang berfungsi untuk meningkatkan kolestrol baik (jenis kolestrol yang bermanfaat bagi tubuh) dan menurunkan kadar kolestrol jahat. Ini akan membantu mencegah terjadinya pengerasan artery. Teh putih juga berfungsi untuk mengencerkan darah menurunkan tekanan darah tinggi. Dengan semua fungsi itu meminum teh putih secara teratur dapat mengurangi kemungkinan seseorang terkena serangan jantung dan stroke.

  • Anti Virus dan Bakteri

Kandungan Antioksidan yang tinggi dapat memberikan kekebalan tubuh dari berbagai virus dan bakteri. Berdasarkan hasil studi Universitas Pace diketahui bahwa teh putih lebih efektif membunuh virus dan bakteri dibandingkan dengan teh hijau.

  • Untuk kecantikan

Meminum teh putih secara teratur dapat mencegah penuaan dini karena dapat melindungi kulit serta mengembalikan kulit yang rusak akibat radikal bebas, stres dan gizi buruk.

Mengonsumsi teh putih atau teh yang lainnya memberikan banyak sekali manfaat bagi kita. Namun, apapun yang berpengaruh baik bisa menjadi buruk jika kita mengonsumsinya dengan cara yang salah. Begitu pula dengan teh, salah mengonsumsi akan membuat teh memberi dampak buruk bagi kesehatan kita. (Yv)