Banyak orang yang mencari cara menurunkan berat badan dengan mudah dan cepat, baik itu untuk alasan kesehatan maupun untuk alasan estetika. Berolahraga dapat menjadi cara yang efektif untuk mengurangi berat badan, tetapi hal lain yang tidak kalah penting adalah menjaga asupan makanan. Makanan yang berbeda akan memberikan dampak yang berbeda kepada tubuh, mulai dari efek kepada rasa lapar, hormon, dan berapa kalori yang terbakar.

Berikut adalah beberapa makanan yang paling bersahabat dengan mereka yang sedang mencoba menurunkan berat badan.

Makanan untuk menurunkan berat badan

Makanan untuk menurunkan berat badan

  • Telur tadinya ditakuti karena berkolesterol tinggi, tetapi studi-studi baru mempengaruhi kolesterol darah dan tidak mempengaruhi kolesterol darah. Telur kaya protein, lemak bersahabat, dan dapat mengenyangkan dengan tingkat kalori yang rendah.
  • Sayur-sayuran hijau rendah kalori dan karbohidrat, tetapi sangat kaya serat. Mereka juga biasanya kaya vitamin, mineral, dan antioksidan, termasuk kalsium yang sangat membantu membakar lemak.
  • Ikan dan makan-makanan laut lain sangat kaya iodine, yang dapat membantu fungsi tiroid agar metabolisme tetap berjalan optimal. Ikan-ikan berminyak seperti salmon sangat menyehatkan, mengenyangkan, dan kaya protein dan lemak sehat.
  • Dada ayam dan daging tanpa lemak, walaupun seringkali dicerca karena tidak sehat, ternyata memiliki protein tinggi dan sangat bersahabat untuk mengurangi berat badan. Tetapi ini hanya berlaku pada daging-daging yang tidak diproses, bukan daging yang sudah diproses seperti burger dan chicken nugget.
  • Bagi yang suka makan pedas, cabai dapat membantu mengurangi berat badan dengan kandungan capsaisin-nya, yang telah ditemukan dapat mengurangi napsu makan dan membantu pembakaran lemak.
  • Kacang, walaupun kadar lemaknya tinggi, ia memiliki kandungan protein dan serat yang seimbang. Studi juga menunjukkan orang-orang yang sering makan kacang biasanya lebih sehat dan kurus dibandingkan mereka yang tidak. Tetapi, kacang juga berkalori tinggi, jadi lebih baik jika konsumsi kacang sedikit dibatasi.

Walaupun olahraga kita cukup, terkadang hasil penurunan berat badan kurang memuaskan jika kita tetap menjaga pola makan yang kurang sehat. Oleh karena itu, makan makanan yang sehat juga sangat penting untuk menurunkan berat badan. (Dana)