Saat mengandung, calon ibu tentunya akan sangat berhati-hati dalam beraktivitas demi keselamatan serta kesehatan si jabang bayi. Selain aktivitas, pemilihan makanan  ibu hamil pun harus dilakukan secara hati-hati. Apalagi, makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil secara langsung juga akan dikonsumi oleh bayi yang ada di dalam kandungan. Makanan yang baik untuk ibu hamil tentunya adalah makanan yang mengandung nutrisi dan protein yang baik untuk bayi serta bebas dari zat yang berbahaya.

Beberapa orang bahkan ada yang sengaja melakukan diet raw food atau diet makanan mentah. Tunggu dulu, makanan mentah di sini tentu saja bukan berupa daging atau produk hewani lainnya dalam bentuk mentah atau setengah matang yang tentunya justru akan sangat berbahaya bagi ibu dan calon bayi. Diet raw food di sini maksudnya adalah hanya mengonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran mentah sambil diselingi beberapa makanan penunjang sehat lainnya, beberapa bahkan ada yang hingga menjadi vegan alias benar-benar hanya makan sayur dan buah saja serta tidak mengonsumsi daging-dagingan dan protein hewani lainnya.

Satu hal yang membuat diet ini dilirik oleh banyak calon ibu adalah karena bisa membantu mengurangi kegemukan yang biasanya dialami oleh ibu hamil. Tertarik untuk mengikuti diet raw food ini? Berikut beberapa informasi penting terkait diet ini.

Diet makanan mentah saat hamil

Diet makanan mentah saat hamil

Kaya nutrisi dan protein

Konsumsi buah dan sayuran pastinya kaya akan nutrisi dan protein yang dibutuhkan oleh ibu dan bayi. Untuk bisa mendapatkan manfaat yang maksimal, kita harus bisa memilih jenis buah dan sayuran tepat, yang mengandung asam amino, zat besi, kalsium, mineral, vitamin d dan B12, serta lemak sehat. Selain itu, untuk mengurangi kebosanan, pilihlah jenis sayuran dan buah yang beragam.

Hindari produk hewani mentah

Seperti dikatakan sebelumnya, berbeda dengan sayuran mentah, produk hewani mentah justru harus sangat dihindari di masa kehamilan. Produk hewani mentah seperti daging atau telur mengandung bacteria yang tidak hanya akan membuat kita sakit namun juga menyebabkan keguguran.

Kebersihan buah dan sayuran

Sebisa mungkin selalu cuci bersih sayuran dan buah yang hendak dimakan. Selain mengandung bakteri, buah dan sayuran ini bisa saja masih mengandung zat-zat berbahaya seperti sisa pestisida yang sangat berbahaya bila dikonsumsi.

Ubah diet/pola makan secara perlahan

Perlu diingat, saat kehamilan sebenarnya bukanlah saat yang tepat untuk mengganti diet atau pula makan kita. Bila kita terbiasa untuk makan segala macam makanan, dibandingkan langsung mengganti pola makan secara drastic akan lebih baik bila mulai dengan mengurangi makan berpengawet dan menambah porsi makanan sehat. Mengingat, saat hamil, tubuh kita sedang mengalami perubahan dan dengan mengganti pola makan secara drastis akan membuat tubuh bekerja lebih keras untuk menyesuaikannya.

Konsultasi dokter

Untuk mengetahui apakah diet makan mentah ini merupakan yang terbaik atau tepat bagi kita, sebaiknya konsultasikanlah dulu dengan dokter kandungan serta dokter spesialis nutrisi.

Ingat, kesehatan ibu dan bayi tentunya adalah hal yang terpenting. Jadi, sebelum melakukan diet ini, pikirkanlah terlebih dahulu dan lakukan dengan bijak. Jangan lupa untuk mengimbanginya dengan konsumsi air putih, mengingat dehidrasi bisa berbahaya bagi ibu hamil. (raw)