Sudah susah payah menabung untuk mobil impian, pasti sayangkan jika mobil sudah mengalami kerusakan bahkan sebelum cicilannya lunas dibayar. Sebab itulah, para pemilik kendaraan ini biasanya memilih segala hal yang terbaik menurut mereka untuk mobilnya. Misalnya seperti menggunakan oli mobil terbaik, bahan bakar yang dianggap paling baik untuk mesin, dan berbagai hal lainnya. Hal ini tidak masalah, namun ada satu hal yang harus Anda ingat, yaitu jangan sampai memilih hal terbaik untuk berbagai komponen yang terlihat, tapi justru mengabaikan komponen kecil lain yang sebenarnya memiliki fungsi penting.

Salah satu komponen kecil yang sering terabaikan yaitu saringan. Yap, bentuknya yang kecil dan cukup tersembunyi inilah yang membuat komponen ini seringkali terlupakan. Pada mobil sendiri, terdapat 3 jenis saringan, yaitu:

jenis-saringan-pada-mobil

  • Saringan bensin

Sesuai dengan namanya, saringan ini berfungsi untuk menyaring seluruh kotoran yang ada pada bensin agar tidak masuk ke dalam mesin. Tujuannya, agar bensin yang tersirkulasi sudah dalam kondisi bersih. Saringan ini sangat penting, sebab tangki bahan bakar sering kali tanpa sengaja kemasukan kotoran. Sebab itulah, sangat penting sekali memperhatikan kebersihan dari saringan ini. Setidaknya, kamu harus melakukan pembersihan saringan jika dirasa saringan masih dapat berfungsi. Namun, jika saringan sudah terlalu tua, maka ada baiknya jika diganti dengan yang baru. Untuk pemasangannya sendiri, Anda tidak boleh melakukan kesalahan, karena dapat membuat saringan tidak berfungsi maksimal atau membuat saringan menjadi cepat kotor.

  • Saringan udara

Komponen ini sendiri berfungsi untuk menyaring udara yang masuk dan nantinya akan digunakan oleh mesin untuk proses pembakaran. Pada saat mesin dinyalakan, vacuum akan menarik udara dari luar agar masuk ke dalam ruang bahan bakar. Pada saat proses ini, tidak hanya udara saja yang dtarik, tetapi juga berbagai partikel lainnya. Saringan udara ini, akan menyaring udara dan memastikan bahwa yang masuk ke dalam area pembakaran adalah udara bersih yang tidak mengandung partikel apapun.

  • Saringan oli

Komponen ini bertugas untuk menyaring seluruh kotoran pada oli, dan memastikan agar oli yang bersirkulasi dalam mesin adalah oli yang bersih dari berbagai kotoran. Kotoran ini tidak hanya berupa kotoran yang berasal dari luar saja, tetapi juga material yang muncul akibat gesekan yang terjadi pada mesin.

Meskipun ukurannya kecil, namun ketiga komponen saringan pada mobil tersebut memiliki manfaat yang sangat besar. Mengabaikannya hanya akan berdampak buruk pada mobil kesayangan Anda, atau bahkan bisa membuat komponen lain menjadi mudah rusak. (Vita)