Spare part atau suku cadang alat berat merupakan bagian penting pada alat berat. Perawatan yang berkala harus dilakukan untuk menjaga agar kondisi serta kinerja alat berat tetap maksimal dan berumur panjang. Penggantian suku cadang pun perlu dilakukan setiap beberapa waktu sekali atau pada saat terjadi kerusakan. Membeli suku cadang baru untuk mengganti yang telah rusak atau tidak berfungsi dengan baik lagi ini tentu harus dilakukan dengan hati-hati, agar bisa mendapatkan suku cadang asli yang sesuai dan memiliki kualitas tinggi.

Berikut beberapa langkah-langkah dalam membeli spare part alat berat yang tepat, di antaranya:

spare part alat berat

spare part alat berat

Informasi

Langkah pertama yang harus dilakukan saat mendapati suku cadang yang rusak atau yang memang sudah saatnya diganti adalah mencari tahu informasi lengkap dari alat berat dari spare part yang rusak tersebut. Informasi ini misalnya saja nomor seri, tahun pembuatan, serta pabrik pembuat dari alat berat tersebut. Semua informasi ini biasanya terdapat pada badan dari alat berat tersebut.

Mencari agen/supplier suku cadang alat berat

Berbekal informasi tadi, Anda sudah bisa mulai mencari agen atau supplier suku cadang dari alat berat tadi. Anda bisa mencarinya kontak supplier tersebut dengan mudah melalui internet, bahkan Anda juga bisa membeli suku cadang ini melalui internet langsung alias secara online. Masing-masing tentunya memiliki keuntungan dan kekurangan masing-masing yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Sebaiknya carilah supplier atau toko online suku cadang yang memang terpecaya atau merupakan agen resmi dari pabrikan yang sama dengan alat berat, untuk menjamin kualitas dari suku cadang yang dibeli.

Bandingkan penawaran

Beberapa supplier ada yang menawarkan diskon atau penawaran lain yang bisa menguntungkan. Perhitungkan dan bandingkanlah penawaran ini untuk mendapatka deal terbaik bagi Anda.

beli spare part alat berat

beli spare part alat berat

Pertimbangkan ongkos kirim

Bila Anda memilih untuk membeli secara online jangan lupa untuk menghitung biaya pengiriman suku cadang yang bisa sangat besar. Mengingat, berat dari suku cadangĀ  yang bisa mencapai lebih dari puluhan kilogram saat dikirim.

Garansi

Pastikan supplier memberikan garansi untuk suku cadang yang dibeli tadi. Agar lebih mudah saat meminta garansi, catatlah nomor seri, harga, serta tanggal penggantian suku cadang tadi. Selain untuk garansi, catatan ini juga bisa membantu Anda menilai kualitas dari suku cadang yang dibeli tersebut.

Semoga langkah-langkah tadi bisa membantu proses pembelian suku cadang alat berat Anda. (raw)