Obesitas merupakan salah satu faktor risiko seseorang mengalami masalah kolesterol. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ternyata orang yang memiliki badan kurus sekalipun bisa terkena masalah kolesterol? Jadi, berhati-hatilah kamu yang memiliki badan kurus, bukan berarti kamu bisa tenang dan merasa tidak perlu tahu apapun tentang cara menurunkan kolesterol. Sebab bisa saja kamu termasuk salah satu penderita kolesterol tinggi, namun kamu belum menyadarinya.

Yap, selama ini hanya orang yang mengalami masalah obesitas saja yang selalu dikaitkan dengan kolesterol. Sementara orang yang berbadan kurus seringkali mengabaikan masalah ini karena merasa bahwa kolesterol hanya akan menyerang seseorang dengan berat badan berlebih. Akibatnya mereka jarang memeriksakan kadar kolesterol dalam darahnya. Toh, tidak ada gejala penyakit apa-apa juga!

Kurus Juga Bisa Kena Kolesterol, Jika Seperti Ini

Padahal sebenarnya kolesterol bisa menyerang siapapun, termasuk yang berbadan kurus. Sebab kolesterol tidak ada kaitannya dengan lemak dalam tubuh. Bahkan menurut hasil penelitian yang dilakukan oleh Mayo Clinic, Amerika Serikat terhadap 1.101 wanita berusia sekitar 41 tahun, didapatkan hasil bahwa 54% nya mengalami masalah kolesterol sebesar 30% di atas normal. Padahal mereka memiliki berat badan ideal. (Source: deherba)

Orang yang berbadan kurus biasanya mengalami masalah kolesterol akibat beberapa hal berikut ini:

  • Stres

Stres merupakan salah satu penyebab meningkatnya kolesterol dalam darah. Itulah alasannya sangat penting bagi kamu untuk bisa mengelola stres dengan baik sesegera mungkin.

  • Menu makan

Orang yang sulit gemuk, cenderung mengonsumsi makanan yang tinggi lemak. Mereka merasa aman karenaa meskipun mengonsumsi makanan seperti ini, namun berat badannya tidak bertambah. Memang, berat badanmu tidak bertambah, namun lemak yang dikonsumsi ini tetap memengaruhi kadar kolesterol dalam darah.

Tanpa olahraga sekalipun berat badan tidak mengalami kenaikan, jadi kenapa harus olahraga? Padahal, olahraga ini tidak hanya berfungsi untuk menjaga berat badan tetap ideal namun juga untuk menjaga kesehatan tubuh. Termasuk menjaga kadar kolesterol tetap stabil.

Kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala apapun sehingga banyak orang yang tidak sadar saat kadar kolesterol jahat dalam tubuhnya meningkat. Gejala yang muncul atau dirasakan oleh penderita kolesterol tinggi, biasanya muncul ketika kondisinya sudah cukup parah dan mulai mengarah ke komplikasi. Itulah alasannya, sangat penting bagi kamu untuk rutin memeriksakan kadar kolesterol meskipun kamu tidak mengalami masalah obesitas. Selain itu, mengikuti panduan makan untuk mengontrol kolesterol secara alami juga bisa dilakukan. (Vita)