Tuntutan untuk menjadi ibu rumah tangga ternyata tidaklah mudah. Selain harus mengurus anak di rumah, sang ibu juga harus tetap ikut mencari penghasilan demi membangun kondisi finansial rumah tangga yang stabil. Mungkin beberapa orang telah memikirkan untuk membuka usaha dan mengambil pinjaman modal usaha kecil sebagai solusinya. Memang membuka usaha sendiri merupakan hal yang paling memungkinkan untuk dilakukan para ibu rumah tangga karena tidak ada jam kerja yang mengikat sehingga mereka bebas memiliki waktu bersama anak.

Kalau Anda bingung ingin membuka usaha apa karena belum merasa memiliki skill tertentu, berikut ini terdapat berbagai macam kursus keterampilan yang bisa Anda pelajari agar bisa membuka usaha yang unik dan inovatif.

  • Kursus Mendekorasi Kue 

    Kursus dekorasi kue

    Kursus dekorasi kue

Bagi ibu rumah tangga yang sering menggunakan waktu luangnya untuk membuat kue namun masih belum bisa menampilkan kue dengan menarik, kursus ini akan sangat  berguna bagi Anda. Meskipun harga kursus mendekorasi kue ini tidaklah murah, namun manfaat yang Anda dapatkan akan sebanding. Setelah Anda pandai membuat kue, Anda bisa membuka bakery dan menjual kue-kue cantik yang telah Anda buat.

  • Kursus Tie Dye 

Mewarnai kain dengan teknik ikat celup atau yang disebut tie dye ini sedang populer dikalangan masyarakat. Meskipun kelihatan simpel, ternyata membuat corak warna yang ada di baju tie dye ini tidaklah mudah. Corak baju yang cantik dan berseni ini pastinya akan laku jika dijual.

  • Kursus Kumihimo
Gelang Kumihimo yang cantik nan rumit

Gelang Kumihimo

Kumihimo merupakan keterampilan membuat gelang dari Jepang dengan teknik menjalin tali yang cukup rumit. Tidak semua orang bisa membuatnya karena butuh kesabaran dan latihan khusus. Oleh karena itu, akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri jika Anda bisa membuat gelang-gelang lucu nan cantik dengan teknik kumihimo. Apalagi Anda bisa menjual gelang-gelang tersebut dan mendapatkan hasil yang menguntungkan.

  • Kursus Merajut

Jangan salah, teknik merajut tidak hanya dimiliki oleh ibu-ibu jaman dulu loh. Sekarang jenis barang kreasi yang berasal dari rajutan semakin beragam, mulai dari casing handphone, taplak meja, baju anak,  gantungan kunci dan lain-lain. Hanya dengan satu keterampilan, Anda sudah bisa memproduksi berbagai macam barang menarik yang bisa dijual.

  • Kursus Menata Rias 

Selain keterampilan untuk memproduksi barang, jasa menata rias juga tidak kalah menguntungkan. Oleh karena itu, banyak perempuan atau ibu rumah tangga yang mengikuti kursus tata rias dan membuka usaha sampingan sebagai penata rias pernikahan, wisuda, dan acara-acara lain.

Selamat berkarya dan semoga sukses! (Rima)