Pernah mendengar anak yang sudah dapat lancar bicara bahasa Inggris meskipun usianya masih muda? Pasti sangat membanggakan yah jika anak kita juga mampu seperti itu. Nah, untuk mewujudkan keinginan tersebut, tentunya kita harus melatih anak agar mau belajar bicara bahasa Inggris. Dari mulai hal-hal yang sederhana, dan terus menambah tingkat kesulitannya seiring bertambahnya usia anak.

Sebenarnya, melatih anak bicara bahasa Inggris bukanlah hal yang terlalu sulit, apalagi ketika anak sedang memasuki masa belajar bicara. Biasanya, pada masa ini anak akan senang mengikuti berbagai kata yang diucapkan oleh orang-orang disekitarnya. Meskipun terkadang saat diucapkan oleh anak bunyinya menjadi berbeda, namun hal ini bukanlah masalah karena ini merupakan salah satu proses belajar.

Kesalahan belajar bahasa Inggris

Kesalahan belajar bahasa Inggris

Namun, meskipun tidak sulit tapi ada loh beberapa kesalahan yang terkadang kita lakukan secara sadar ataupun tidak sadar, yang pada akhirnya membuat proses belajar bicara bahasa Inggris ini menjadi gagal.

  • Salah dalam pelafalan

Ketika kita ingin mengajarkan anak bicara bahasa ingggris, pastikan bahwa kita sendiri juga sudah benar dalam melafalkannya.Meskipun anak mungkin belum mengikutinya dengan benar, tapi setidaknya dia akan mendengar kata-kata yang kita ucapkan dan berusaha mengikutinya dengan baik. Jika kita sendiri saja salah saat mengajarkannya, bagaimana anak bisa mengucapkannya dengan cara yang benar. Selain itu, kesalahan ini akan terbawa terus hingga anak semakin besar nanti.

  • Mengabaikan kesalahannya

Banyak orangtua yang justru mengikuti ucapan anak dan menganggapnya hal yang lucu. Misalnya saja, ketika anak menyebut kata “gendong” dengan kata “edong”, orangtua justru mengikutinya dan tidak berusaha memperbaikinya. Kebiasaan ini akan membuat anak merasa apa yang diucapkannya sudah benar, dan tidak berusaha untuk memperbaikinya. Hal ini juga berlaku pada saat sedang mengajarkan bahasa Inggris pada anak.

  • Menganggapnya tidak mampu

Tidak semua anak dapat menyerap apa yang diajarkan padanya dalam waktu singkat. Ada beberapa anak yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dapat menyerap suatu hal. Mengganggap anak tidak mampu hanya akan membuat anak menjadi semakin tidak percaya diri. Dampaknya, anak akan merasa bahwa dirinya bodoh dan takut untuk berusaha mengeksplor kemampuan dirinya.

  • Melupakan bahasa ibu

Punya anak yang ahli berbicara bahasa Inggris memang membanggakan, tapi jangan sampai lupa dengan bahasa ibu yah. Sayangnya, fenomena inilah yang banyak terjadi di masyarakat. Terlalu terfokus belajar bicara bahasa Inggris, hingga mengabaikan kemampuan anak bicara bahasa ibu. Akibatnya, anak mengalami masalah kesulitan berkomunikasi di lingkungannya dan saat belajar di sekolah.

Dengan menghindari beberapa kesalahan dalam belajar bahasa Inggris bagi anak tadi, anak bisa lebih optimal dan sukses dalam mempelajari bahasa baru. Semoga bermanfaat. (Vita)