Saat hendak bepergian menggunakan pesawat, kamu akan dihadapkan pada dua pilihan: duduk di lorong (aisle seat) atau duduk di sebelah jendela (window seat). Hal ini tentunya harus dijadikan sebagai bahan pertimbangan, terutama jika waktu tempuhnya cukup lama. Apalagi jika kamu hendak pergi lintas negara dengan durasi penerbangan berpuluh-puluh jam. Memang sih kamu pastinya sudah membeli asuransi perjalanan murah, tapi kenyamanan di dalam pesawat kan tetap kembali pada individu masing-masing.

Kenapa Duduk Dekat Jendela

Nah, kalau kamu masih ragu, kami sarankan untuk memiliki kursi dekat jendela. Alasannya adalah sebagai berikut:

  1. Lebih nyaman. Duduk di kursi dekat jendela tentunya lebih nyaman dibanding duduk di pinggir lorong. Sebab, duduk di dekat jendela memungkinkan kamu untuk menyenderkan kepala di dinding ketika hendak tidur, tidak perlu terganggu jika penumpang sebelahmu hendak pergi ke toilet, dan pastinya lebih enak untuk tidur.
  2. Pemandangan awan. Kalau kamu duduk di dekat jendela, itu artinya kamu bisa menikmati pemandangan awan yang sangat cantik dari atas ketinggian. Kamu bisa melihat fenomena ketika matahari hendak terbit atau tenggelam, ketika sinarnya muncul dari sela-sela awan, dan banyak fenomena langit lainnya. Dijamin, kamu akan terkagum-kagum dan tanpa sadar mengucap syukur.
  3. Nah, untuk kamu para pekerja kreatif, saat bepergian naik pesawat, duduk di pinggir jendela bisa mengasah kreativitasmu juga lho. Sebab ketika memandangi awan dan cakrawala, kamu cenderung untuk berkontemplasi dan ide-ide cemerlang tanpa sadar bisa muncul!
  4. Mengurangi mabuk. Sering mabuk ketika naik pesawat? Duduk di pinggir jendela membuat kamu lupa dengan rasa mabuk tersebut karena kamu terlalu terpesona dengan pemandangan yang ada di depan jendela.
  5. Lebih aman. Duduk di dekat jendela membuat kamu terhindar dari kemungkinan tas jatuh dari atas kompartemen. Meskipun sudah dilengkapi dengan tutup kompartemen yang kuat, ketika penumpang di depan atau belakangmu sedang berusaha menyimpan tas ada kemungkinan tas tersebut jatuh, bukan? Kalau kamu duduk dekat jendela, kemungkinan ini tidak akan terjadi.

Duduk dekat jendela juga bisa membantu anak lebih anteng selama perjalanan bila kamu liburan dengan anak. Gimana, masih ragu untuk memilih tempat duduk di pinggir jendela?