Selama ini banyak yang hanya mengetahui bahwa daun katuk sangat bermanfaat untuk dikonsumsi saat masa menyusui. Namun sebenarnya daun katuk ini juga bagus loh untuk Ibu konsumsi selama masa kehamilan. Baik dengan cara dimasak ataupun dijadikan jus untuk ibu hamil. Sebab daun katuk mengandung banyak nutrisi yang sangat bermanfaat untuk ibu hamil, seperti fosfor, kalsium, vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, Protein dan Zat Besi.

Berbagai nutrisi yang terdapat dalam daun katuk ini akan memberikan kehamilan sehat pada Ibu. Asalkan Ibu mengonsumsi jus untuk ibu hamil ini secara rutin dalam jumlah yang cukup, maka Ibu akan dapat merasakan berbagai manfaatnya, antara lain:

daun katuk

daun katuk

  • Membantu pembentukan plasenta

Plasenta adalah jalan penghubung antara Ibu dengan janin dalam kandungan. Melalui plasenta inilah sari pati makanan yang dikonsumsi Ibu akan masuk ke dalam janin dan menjadi sumber makanan janin. Mengonsumsi daun katuk secara rutin akan membantu pembentukan plasenta agar sempurna dan dapat berfungsi maksimal.

  • Memenuhi kebutuhan oksigen

Dalam tubuh ibu hamil, oksigen tidak hanya dibutuhkan oleh tubuh sang ibu saja, tetapi juga dibutuhkan oleh janin. Oksigen yang mengalir secara lancar ke janin akan membentu janin dapat tumbuh dengan baik. Inilah salah satu fungsi zat besi yang terkandung dalam daun katuk, untuk melancarkan proses pengiriman oksigen ke seluruh tubuh termasuk janin.

  • Memperkuat tulang

Ibu hamil harus memperhatikan kesehatan tulangnya karena bobot badan akan semakin meningkat dengan semakin bertambahnya usia kandungan. Kalsium yang terkandung dalam daun katuk ini akan membantu menjaga kesehatan tulang, menguatkan tulang, mencegah osteoporosis dan penyakit tulang belakang.

  • Meningkatkan energi

Seringkali ibu hamil malas beraktivitas karena merasa lemas. Hal ini bisa dicegah dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daun katuk. Nutrisi ini akan meningkatkan energi dalam tubuh Ibu sehingga dapat beraktivitas secara normal selama masa kehamilan.

  • Menjaga metabolisme tubuh

Pada saat hamil, akan terjadi perubahan metabolisme tubuh dan hal ini adalah hal yang wajar. Saat inilah vitamin B dalam daun katuk berperan untuk menjaga agar perubahan metabolisme ini masih terkendali dan juga untuk memperbaiki metabolisme tubuh ketika terjadi masalah.

Namun yang perlu Ibu ingat yaitu batasi konsumsi daun katuk ini sesuai kebutuhan. Sebab daun katuk ini juga memberikan efek samping jika dikonsumsi secara berlebihan, seperti menyebabkan insomnia dan berkurangnya nafsu makan. Jadi, jangan karena daun katuk yang dibuat menjadi jus untuk ibu hamil rasanya enak, lalu ibu mengonsumsinya secara berlebihan. Semoga kehamilan Ibu selalu sehat ya.