Mempercantik halaman rumah ternyata bukan hanya perihal interior dan elemen dekoratif lainnya, lho. Keberadaan tanaman hijau di halaman juga mampu untuk menghadirkan kesan tersendiri dalam sebuah halaman. Jadi, ketika Anda hendak mengubah halaman belakang rumah, alih-alih pergi ke toko furniture Jakarta dan membeli mebel untuk halaman, sebaiknya beli tanaman-tanaman berikut ini untuk menggantikan elemen dekoratif dari furnitur tersebut. Tentunya, tanaman ini juga bisa menambah kesejukan yang akan membuat Anda sekeluarga betah untuk berlama-lama di halaman. Menyenangkan, bukan? Ini dia beberapa tanaman untuk halaman rumah yang bisa Anda coba:

Rumpun bambu 

Taman bambu di rumah

Taman bambu di rumah

Siapa bilang rumpun bambu tidak cocok untuk ditanam di halaman rumah? Justru kehadiran rumpun bambu ini bisa membuat halaman rumah Anda seolah berada di Jepang. Yap, tanpa perlu menambah furnitur apa pun, Anda bisa menghadirkan nuansa Jepang dengan satu langkah mudah. Pilihlah bambu dengan jenis fargesia agar Anda bisa dengan mudah merawatnya dan tanam di sudut-sudut halaman atau di dekat kolam ikan.

Kaktus

Jika bambu identik dengan nuansa Jepang, maka kaktus menghadirkan suasana Meksiko ala kehidupan para koboi. Kaktus merupakan jenis tanaman yang tepat untuk dijadikan pilihan jika Anda sangat sibuk bekerja dan tidak memiliki banyak waktu untuk merawat halaman belakang rumah. Pasalnya, kaktus tidak membutuhkan banyak air dan bisa hidup dengan suhu udara yang panas sekalipun. Terlebih lagi, kaktus sangat mudah menyesuaikan diri sehingga tidak perlu repot dari segi perawatan dan penataannya.

Cemara

Cemara di taman rumah

Cemara di taman rumah

Ingin menghadirkan suasana sejuk layaknya di pegunungan? Anda bisa memilih pohon cemara sebagai opsi tanaman untuk halaman rumah Anda. Nilai plusnya adalah pohon cemara memiliki dedaunan yang cukup rimbun dan tumbuh tinggi menjulang dengan kokoh. Dengan demikian, kehadiran pohon cemara di halaman rumah Anda tentunya akan menghadirkan sensasi tersendiri. Terlebih lagi, wangi cemara yang sangat khas akan memanjakan indera penciuman Anda dengan menawannya!

Nah, dari jenis-jenis pepohonan di atas, mana yang menarik minat Anda untuk menanamnya di halaman rumah? Selamat berkebun dan selamat menanam! 😀