Memiliki berat badan yang ideal merupakan mimpi setiap orang. Sebenarnya, berat badan yang ideal bukanlah berat badan yang berada di bawah normal dan membuat kamu terlihat sekurus lidi. Berat badan yang ideal adalah berat badan yang tidak terlalu kurus namun juga tidak terlalu gemuk (overweight). Tidak heran deh jika banyak orang yang berlomba-lomba menjaga berat badan mereka dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan meminum smoothie. Semua dilakukan agar berat badan tetap terjaga dan kesehatan tetap terjamin. Meski sudah menggunakan asuransi kesehatan yang bagus, kebugaran tubuh merupakan sesuatu yang wajib dirawat bukan?

minuman smoothie

Namun demikian, jangan salah: smoothie tidak selamanya menurunkan berat badan seseorang. Smoothie juga bisa membuat berat badan kita naik, jika diracik dengan cara berikut ini:

  1. Kurang serat. Ketika smoothie mengandung banyak serat, maka sekali minum saja maka kebutuhan serat di dalam tubuh sudah terpenuhi. Dengan demikian, perut pun tidak mudah lapar dan bisa menjagamu dari bahaya ‘lapar mata’ dan memakan segala. Nah, namun begitu tidak semua smoothie mengandung banyak serat. Ada pula buah-buah yang mengandung sedikit serat, seperti pisang misalnya. Untuk itu, pilihlah buah yang mengandung serat tinggi agar kebutuhan serat terpenuhi.
  2. Tidak mengandung banyak protein. Meski terbuat dari campuran sayuran dan buah, bukan berarti protein di dalam smoothie bisa terjamin. Protein dibutuhkan sebagai energi untuk beraktivitas sepanjang hari, dengan demikian jika smoothie tidak mengandung protein maka kehadirannya sia-sia saja. Pastikan bahwa protein terkandung dalam sayuran serta buah yang digunakan untuk membuat smoothie
  3. Mengandung buah yang berlebihan. Kalori merupakan salah satu hal yang jarang diperhatikan ketika bicara tentang Hanya karena minuman ini terbuat dari buah dan sayur, bukan berarti minuman ini sehat dan rendah kalori. Ketika kamu menggunakan buah-buahan yang berlebihan sebagai campuran smoothie, maka kandungannya kalorinya bisa tinggi, lho. Batasi campuran buah dalam smoothie!
  4. Menggunakan tambahan pemanis. Buah sebetulnya sudah mengandung pemanis yang alami sehingga jika diblender tanpa menggunakan gula tambahan pun sudah manis. Hanya saja, sering kali kamu sering menambahkan gula, madu, atau bahkan sirup ke dalam Memang sih rasanya enak, hanya saja kalorinya bisa bertambah dan itu tidak baik untuk dietmu. Jika memang ingin menambah rasa, boleh tambahkan yogurt plain agar lebih segar.

Itu dia alasan mengapa smoothie bisa menjadi faktor penambah berat badan yang bisa mengganggu dietmu. Jangan sampai melakukan kesalahan di atas, ya! Selamat mencoba 😀