Menjadikan sepeda MTB sebagai alat transportasi sudah menjadi hal yang umum dilakukan masyarakat saat ini. Meskipun tidak ada jalur khusus sepeda, dan harus bersiap menghadapi polusi udara yang cukup parah (terutama di kota besar) namun tetap saja hal ini tidak menghalangi semangat mereka untuk bersepeda. Selain karena alasan kesehatan, mereka memilih sepeda sebagai alat transportasi mereka karena lebih ramah lingkungan.

Menggunakan sepeda sebagai alat transportasi memanglah memberikan beberapa manfaat lebih, bila dibandingkan kendaraan bermotor. Namun sayangnya, masih banyak pengendara sepeda yang kurang memperhatikan beberapa hal penting, yang akhirnya membuatnya mengalami masalah saat bersepeda. Biasanya yang mengabaikan hal-hal ini adalah seseorang yang masih baru dalam hal bersepeda, atau bisa disebut amatir. Berikut ini, adalah beberapa hal yang sering diabaikan oleh pengendara sepeda:

Penting-saat-bersepeda

Penting saat bersepeda

  • Asal memilih sepeda

Sepeda memiliki banyak sekali jenis dan ukuran. Jenis sepeda ini, memiliki desain dan fitur yang disesuaikan dengan medan atau kondisi jalanan yang akan dihadapinya. Sayangnya, banyak pengendara yang hanya memilih sepeda berdasarkan model yang sedang trend atau disukainya saja. Sehingga, ketika mereka gunakan sebagai alat transportasi sehari-hari menjadi kurang nyaman dikendarai. Sementara, ukuran sepeda dibuat seragam agar dapat disesuaikan dengan postur tubuh pengendaranya. Namun, banyak yang tidak begitu memperhatikan hal ini dan memilihnya secara asal. Padahal, memilih ukuran sepeda yang tepat akan meminimalisasi cedera saat terjadi kecelakaan.

  • Tidak menggunakan perlengkapan keselamatan

Menggunakan perlengkapa keselamatan sangatlah penting, karena dapat mengurangi cedera saat terjadi kecelakaan. Namun, banyak yang merasa malas untuk menggunakannya hingga terkadang harus mengalami luka serius saat mengalami kecelakaan.

  • Sembarangan mengotak-atik sepeda

Pengendara sepeda yang sudah sangat sering menggunakan sepedanya, terkadang merasa sudah sangat ahli dan senang mengotak-atik sepedanya. Dengan adanya setting yang baru pada sepeda, secara tidak langsung akan merubah cara pengendara dalam mengendarai sepedanya. Namun yang sering mereka lupakan adalah, terkadang pengendara sudah terbiasa dengan setting sepeda yang lama. Ketika mendadak terjadi sesuatu dan pengendara harus meresppon dengan cepat, maka pengendara akan merespon dengan cara yang sama tanpa menyadari bahwa setting pada sepeda telah berubah. Hal ini sangatlah berbahaya, apalagi jika setting yang diubah adalah rem sepeda.

  • Tidak membawa minum

Saat bersepeda, ingatlah selalu untuk membawa minum agar pengendara tidak mengalami dehidrasi. Namun, banyak pengendara yang mengabaikan hal ini hanya karena malas atau merasa ribet.

Jadi, sebelum mulai mengayuh sepeda MTB Anda, ingatlah untuk selalu melakukan pengecekan terhadap hal-hal penting saat bersepeda tersebut. Lebih baik bersiap-siap di depan dari pada menyesal belakangan, bukan? Have fun riding your bike!(Yv)