Mungkin, apabila kamu dihadapkan dengan sebuah pertanyaan mengenai siapa orang yang awal mulanya menemukan telepon yang digunakan untuk berkomunikasi melalui pesan suara ini, maka bisa dipastikan kamu pun akan menjawab Alexander Graham Bell. Namun, tahukah kamu? Jika, sebenarnya penemu pertama dari telepon yang sekarang ini sudah hadir dengan paket telepon murah bukanlah Graham Bell, melainkan seorang pria bernama Antonio Meucci yang memperkenalkan telepon hasil temuannya dengan nama Teletrofono pada tahun 1860.

Dinyatakannya Antonio Meucci sebagai orang pertama yang menemukan telepon ini juga dibenarkan pada saat Kongres di Amerika Serikat tanggal 11 Juni 2002, yang menyatakan jika hasil temuan Meucci haruslah diakui dan dipatenkan. Sehingga, kini sejarah orang pertama yang menemukan telepon pun sudah beralih dari yang awalnya Alexander Graham Bell yang sudah mendunia dialihkan kepada Antonio Meucci.

Telepon

Kenapa ya Antonio Meucci ini dulunya bukanlah menjadi orang pertama yang disahkan sebagai penemu telepon?

Hal ini dikarenakan pada tahun 1850 Meucci tertimpa sebuah musibah, dimana kapal Staten Island yang ditumpanginya meledak, sehingga mengakibatkan Meucci terkena luka bakar yang amat serius. Dikarenakan, tertimpa musibah ini dan hidupnya semakin sulit, membuat sang istri pun terpaksa harus menjual barang-barang temuan yang sudah payah ditemukan Meucci hanya dengan harga enam dollar. Lantaran, hidupnya yang terbilang serba kekurangan ini, maka akhirnya pada tahun 1874 ia tidak dapat lagi memperpanjang caveat-nya. Caveat sendiri merupakan sebuah hak paten sementara, yang dulunya pernah digunakan oleh Meucci untuk mematenkan temuannya.

Akan tetapi, sayangnya di tahun 1876 seorang Alexander Graham Bell langsung dinobatkan sebagai salah seorang penemu pesawat telepon. Akhirnya, Meucci pun mengetahui kebenaran ini dan ia memutuskan untuk menyewa seorang pengacara. Bersama dengan pengacara ini Meucci melakukan protes kepada kantor Paten Alat Cipta di Amerika Serikat dengan mengirimkan hasil sketsa gambar sekaligus model asli dari telepon temuannya kepada Lab Western. Namun, malang Graham Bell ternyata bekerja di tempat yang sama, dan semua hasil sketsa gambar yang dikirim hilang begitu saja.

Antonio Meucci

Meucci pun harus menerima kekalahannya lantaran tidak menjadi orang pertama yang menemukan telepon. Tapi, setelah adanya permusuhan antara kantor paten dengan Graham Bell, akhirnya terungkap jika dulunya Graham Bell menyetujui sebuah perjanjian yang mana dirinya akan memberi dua puluh persen keuntungannya kepada kantor paten sampai dengan 17 tahun.

Sungguh malang memang nasib Meucci. Meskipun demikian, namun setelah berabad-abad Meucci pun dinyatakan sebagai orang pertama penemu telepon. Jadi kita harus berterima kasih pada Meucci, karea dial ah yang menciptakan telepon pertama di dunia dan karena jasanya, kita sekarang punya banyak jenis pesawat telepon.–SH–