Saat ini mencari tiket untuk perjalan dengan menggunakan pesawat sangat mudah. Bagaimana tidak, dengan memanfaatkan fasilitas internet kabel, Anda sudah bisa memesan tiket pesawat sesuai tujuan dan bahkan mendapatkan harga yang lebih murah. Perjalanan tentunya jadi lebih hemat bukan? Nah, tapi kadang-kadang masalah biaya yang mahal justru datang bukan dari harga tiket pesawat, tapi dari biaya bagasi yang bisa sangat mahal.

Ini biasanya terjadi ketika Anda kalap membeli oleh-oleh di tempat wisata tersebut. Tanpa disadari, bagasi Anda ternyata sudah kelebihan 5 atau bahkan 15 kilo. Bayangkan, berapa uang yang harus dirogoh untuk membayar biaya bagasi tersebut. Sementara uang Anda pasti sudah menipis setelah berwisata, bukan? Sedangkan Anda tentu tidak mungkin meninggalkan belanjaan Anda begitu saja.

Menghindari biaya bagasi

Menghindari biaya bagasi

Nah, Agar barang bawaan Anda terbebas dari pembayaran bagasi, beberapa hal di bawah ini bisa Anda lakukan:

  1. Bagi barang ke dua tas tangan
  2. Jumlah maksimal tas tangan yang bisa Anda bawa ke dalam kabin pesawat adalah dua. Nah, manfaatkanlah ini untuk menaruh barang-barang bawaaan Anda yang banyak tadi. Dengan begitu, setidaknya berat bagasi Anda berkurang.
  3. Bawa barang yang dibutuhkan
  4. Ingat, bawalah barang secukupnya saja. Semakin sedikit barang yang Anda bawa ketika berlibur, semakin banyak juga space yang bisa dimanfaatkan untuk membawa oleh-oleh nantinya, sekaligus tidak akan menambah beban bagasi terlalu banyak.
  5. Barang sekali pakai buang
  6. Agar menghemat space barang bawaan saat pulang, sebaiknya bawalah barang yang bisa sekali pakai buang atau bisa ditinggalkan saat Anda pulang nanti. Misalnya saja celana dalam kertas yang bisa sekali pakai buang atau sabun dan shampo ukuran travel yang tidak perlu dibawa saat pulang.
  7. Selipkan barang di jaket
  8. Manfaat kantong jaket untuk menghindari Anda dari pembayaran bagasi. Masukkanlah beberapa barang printilan yang muat dalam kantong jaket Anda. Ini juga bisa mengurangi ruang dalam koper atau tas Anda.
  9. Kirim Via Pos
  10. Jika Anda hanya berlibur di dalam negeri, alangkah baiknya barang-barang yang akan Anda bawa seperti souvenir dan oleh-oleh kirim terlebih dulu via Pos. Hal ini membuat Anda tidak ribet dan harga yang dikeluarkan biasanya lebih murah dibanding harus membayar bagasi.

Nah, semoga tips menghindari biaya tambahan bagasi saat liburan tadi bisa membantu Anda, ya. Selamat berlibur! (SH/Raw)