Memandikan bayi yang baru berusia kurang dari satu tahun memang menjadi satu hal yang menakutkan, terutama bagi mereka yang merupakan orang tua baru. Banyak yang menjadi pertimbangan saat akan memandikan bayi, salah satunya adalah apakah harus menggunakan air hangat dari pemanas air ataukah boleh menggunakan air dingin seperti orang dewasa pada umumnya?

Dikutip dari detikHealth, dr. Attila Dewanti Sp.A, dokter spesialis anak dari RS Brawijaya mengatakan bahwa bayi, terutama yang masih berusia di bahwa 6 bulan atau yang lahir secara prematur sebaiknya dimandikan dengan menggunakan air hangat. Ini karena kulit bayi pada usia tersebut masih tipis sehingga ditakutkan bayi akan menderita hipotermia bila dimandikan dengan air dingin.

Memandikan bayi dengan air hangat

Memandikan bayi dengan air hangat

Lalu berapa suhu ideal air untuk memandikan bayi? Beberapa ahli sepakat bahwa suhu ideal untuk memandikan bayi adalah 30-37 derajat celcius. Suhu tersebut merupakan suhu normal tubuh manusia. Ingat, jangan sampai terlalu panas sehingga dapat melukai kulit bayi yang masih sensitif. Ceklah suhu air dengan tangan atau termometer sebelum memasukkan bayi ke dalam bak. Ingat, jangan memasukkan bayi ke dalam bak dengan air yang masih mengalir karena suhu air bisa berubah.

Manfaat air hangat untuk mandi bayi

Selain menghindari bahaya hipotermia, mandi dengan air hangat ternyata dapat membantu merangsang motorik bayi. Air hangat untuk mandi bayi juga dapat melancarkan peredaran darah bayi yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalannya. Selain itu, rasa nyaman dari air hangat yang dirasakan oleh bayi juga membuatnya lebih tenang saat dimandikan.

Selain suhu beberapa hal di bawah ini juga menjadi concern bagi orangtua, misalnya:

Mandi dengan atau tanpa bak

Manakah cara mandi mandi bayi yang benar? Dua-duanya bisa dilakukan, sesuai dengan usia dari bayi Anda. Untuk bayi yang amsih berusia 0-1 minggu, atau bayi tali pusat yang belum putus, sebaiknya mandikan hanya dengan menggunakan waslap basah saja di atas alas anti air. Sementara bayi yang telah berusia 1 bulan ke atas bisa menggunakan bak mandi khsusus bayi.

Ketinggian air

Sebaiknya jangan terlalu banyak menggunakan air, cukup sekitar 7-8 cm air pada bak mandi bayi, atau cukup mencapai pundak bayi. Ini berguna untuk memberikan bayi rasa nyaman, sekaligus mencegah hilangnya terlalu banyak panas dari tubuh bayi. Pastikan, Anda memegang bayi Anda dengan aman, dan jaga kepala bayi berada di atas air selama proses mandi.

Waktu yang tepat memandikan bayi

Sebenarnya ini hal yang bebas saja. Ada yang suka memandikan bayinya pada pagi hari ketika sang anak terjaga dan siap menyongsong harinya. Ada juga yang lebih memilih memandikan pada malam hari sekaligus sebagai relaksasi bagi si bayi. Dua-duanya sah-sah saja dilakukan. Namun, satu hal penting yang harus diperhatikan adalah bila Anda hendak memandikan bayi setelah ia selesai makan, sebaiknya tunggu beberapa saat untuk memastikan bahwa makanannya telah turun.

Lama Mandi

Berbeda dengan orang dewasa, anak bayi masih belum memiliki kegiatan sehingga tubuhnya sebenarnya tidak kotor. Karena itu, tidak perlu waktu lama untuk memandikan bayi, cuku 3-5 menit saja. Terlalu lama memandikan bayi bisa saja mengakibatkan hipotermia.

Nah, semoga beberapa informasi tadi bisa membantu Anda. (Raw)